Deradikalisasi Paham Keagamaan Melalui Pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga

Abdullah Botma

Abstract


Maraknya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme yang mengancam keutuhan NKRI telah menjadi perhatian serius pemerintah, duniapendidikan dan juga lembaga-lembaga pemerhati semangat kebangsaan. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka menangkal dan menanggulangi gerakan tersebut salah satunya dengan menambah materi anti radikalisme pada kurikulum pembelajaran di sekolah-sekolah. Tulisan ini mengemukakan gagasan untuk menangkal gerakan dan laju radikalisme melalui pendidikan agama Islam yang diberikan oleh orang tua dalam keluarga. Hal ini dipandang akan sangat berpengaruh dikarenakan keluarga merupakan sekolah pertama tempat seorang anak ditempa dan dibentuk sehingga bisa meng-counter informasi dengan konsep dasar yang telah ditanamkan dalam pendidikan yang diperolehnya dalam keluarga. Melalui analisis kualitatif deskriptif, tulisan yang menggunakan metode library research ini dalam risetnya menemukan bahwa perlunya pendidikan agama Islam diajarkan dalam bentuk teori dan praktik dalam keluarga adalah salah satu gerakan deradikalisasi yang mesti mendapat perhatian dan disosialisasikan kepada masyarakat

Keywords


pendidikan; islam

Full Text:

PDF

References


Daradjat, Zakiyah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Darmadji, “Tafsir al-Qur’an Tentang Teori Pendidikan Islam: Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia, dalam Hermeneutik Jurnal Tafsir Hadits”, Tahun 2013, Volume 9, Nomor 1, Januari-Juni.

Golose, Petrus Reinhard.Deradikalisasi Terorisme, Humanis, Soul Approach dan Menyentuh Akar Rumput, Jakarta: YPTIK, 2009.

Mahmud dkk, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata, 2013.

Martha, David.Psychology of Religion. England: Oxford, 2002.

Marwan, M. dan Jimmy P., Kamus Hukum, Surabaya: Reality Publisher, 2019.

Nuhrison, M. Nuh. 2009. “Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Paham/Gerakan Islam Radikal di Indonesia”, dalam Harmoni Jurnal Multikultural & Multireligius, (VIII/31 Juli-September).

Qadir,Zuldy Radikalisme Agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Syalabi, Ahmad Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1994.

Wahid,Abdurrahman. dkk., Islam nir Kekerasan, Yogyakarta: LKiS, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i2.1212

Article Metrics

Abstract view : 3457 times
PDF - 2207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)