Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik: Sebuah Pengantar

Junaidi Lababa

Abstract


Tes merupakan salah satu cara paling mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk memotret kemajuan belajar siswa dalam ranah kognitif Oleh karena itu, keberadaan perangkat tes yang berkualitas merupakan suatu keniscayaan sehingga kemampuan kognitifsiswa dapat diungkapkan.

Kualitas sebuah perangkat tes dapat dilihat dengan melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif Analisis kualitattf merupakan analisis yang dilakukan sebelum tes diberikan kepada peserta tes dengan melihat kesesuaiannya dengan aspek materi, konstruksi dan bahasa, sedangkan analisis kuantitatif dapat dilakukan dengan teknik teori tes klasik dan teori respon butir.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pengantar tentang analisis butir soal berdasarkan teori tes klasik Teori tes klasik sendiri merupakan teknik analisis butir yang paling tua. Meskipun memiliki beberapa kelemahan dibandingkan teori respon butir, teori tes klasik tetap merupakan salah satu teknik analisis butir yang paling mudah dilakukan.

Kata kunci: Teori tes klasik, daya beda, btingkat kesukaran, efektifitas distraktor.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v2i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)