Korelasi Latar Belakang Pendidikan dengan Keberhasilan Mahasiswa Pada Bidang Studi Keagamaan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado

Rivai Bolotio

Abstract


Artikel merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk membandingkan keberhasilan mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan menengah yang berbeda dalam proses belajar mengajar khususnya keberhasilan dalam mata kuliah-mata kuliah keagamaan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado. Objek penelitian adalah nilai mahasiswa STAIN Manado pada mata kuliah Bahasa Arab dan mata kuliah Tafsir. Data tersebut didapatkan dari 60 orang mahasiswa. Masing-masing 30 mahasiswa dari jurusan Tarbiyah dan 30 orang dari jurusan Syari’ah. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan rata-rata nilai mahasiswa yang berbeda latarbelakang pendidikan menengahnya dengan SPSS versi 12 menggunakan teknik Independent Sample T-test. Hasil analisis terhadap Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab dan Tafsir mahasiswa STAIN Manado menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab adalah 3,65 dan pada mata kuliah tafsir sebesar 3,33. Pada Mata kuliah Bahasa Arab, latar belakang pendidikan mahasiswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar mereka. Nilai t statistik sebesar 0,266 masih jauh di atas angka kritis penolakan hipotesis nol. Hal ini diperkuat dengan nilai Sig (2 tailed) yang berada di atas 0,05 yakni sebesar 0,791. Sebagaimana Bahasa Arab, pada mata kuliah Tafsir juga didapatkan hal yang sama yaitu latar belakang pendidikan menengah mahasiswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar. Nilai statistic t sebesar -0,473 berada jauh dibawah nilai t tabel sebagai syarat penolakan hipotesis nol. Nilai Sig. (2 tailed) juga menguatkan penerimaan hipotesis nol. Nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,638 masih jauh di atas kriteria signifikansi penolakan hipotesis sebesar 0,05. Selanjutnya, hasil analisis terhadap korelasi nilai mata kuliah Bahasa Arab dan Tafsir menunjukkan Tidak adanya hubungan yang signifikan antara nilai mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab dengan nilai mahasiswa pada mata kuliah Tafsir. Indeks korelasi sebesar 0,195 menandakan adanya korelasi yang sangat rendah antara kedua variabel tersebut.

Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa, Prestasi Belajar, Bahasa Arab, Tafsir.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i1.545

Article Metrics

Abstract view : 1693 times
PDF - 1753 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)