Aktualisasi Pendidikan Islam
Abstract
Salah satu pertanyaan mendasar yang selalu dimajukan terhadap pendidikan adalah “mengapa sekolah/universitas/ institut atau lembaga persekolahan berlabel Islam cenderung lambat untuk menjadi agent of reform and reconstruction? Ada penilaian bahwa justru lembaga pendidikan formal itulah yang paling koservatif dalam pengertian menjadi pemelihara pandangan lama dan paling lambat menyesuaikan diri dengan perubahan budaya masyarakat. Untuk itu, Ivan Illich, Paulo Friere, dan para pemikir pendidikan lain di Indonesia juga banyak menggugat keberadaan dan mutu pendidikan. Padahal suatu keniscayaan bahwa semangat Islam itu, adalah pembaruan, modernisasi dan aktualisasi ajaran Islam dalam membangun budaya dan peradaban kehidupan manusia yang pernah mencapai puncak kemajuan dan keemasan pada waktu itu. Tulisan ini mencoba menyorot keberadaan Islam dan korelasinya pemikiran umat saat ini.
Kata kunci: Tantangan Pendidikan, dan Aktualisasi Pendidikan Islam
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v3i2.553
Article Metrics
Abstract view : 4647 timesPDF - 5666 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)