Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif
Abstract
Berbagai pendekatan dan metode digunakan dalam pembelajaran aktif sehingga melahirkan istilah-istilah seperti pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered learning), pembelajaran yang diatur sendiri (self-regulated learning), pembelajaran kolaboratif (collaborative learning), pembelajaran untuk belajar (learning to learn), pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry based learning) yang kesemuanya mengharapkan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran mereka sendiri.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, sekolah, perguruan tinggi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.576
Article Metrics
Abstract view : 2966 timesPDF - 8251 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)