Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013

Lies Kryati

Abstract


Sistem pengelolaan kelas di Indonesia merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013. Sehingga, proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Perbedaan tingkat kecerdasan, mental termasuk biologis peserta didik merupakan alasan mendasar.Kajian ini menunjukkan bahwa tujuan utama pengelolaan kelas adalah memberdayakan nalar, mental juga gerak peserta didik melalui pendekatan kekuasaan, ancaman, kebebasan, resep, pengajaran, perubahan tingkah laku, suasana emosi dan hubungan sosial, proses kelompok serta elektis atau pluralistik. Pendekatan ini mengikuti beberapa prinsip sekaligus keterampilan : hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, pendekatan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri,sikap tanggap, membagi  perhatian dan pemusatan perhatian kelompok. Kesimpulan dari kajian ini yaitu pengelolaan kelas berfokus kepada kegiatan pengaturan  untuk kepentingan pengajaran. Pengelolaan kelas  menyediakan fasilitas bagi berbagai kegiatan belajar peserta didik dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual.

 

Kata Kunci : Sistem, Pengelolaan Kelas, Indonesia,  Kurikulum 2013, 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i2.583

Article Metrics

Abstract view : 3635 times
PDF - 1729 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)