Pengembangan Media Internet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Sya’riah STAIN Manado

Munir Tubagus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah mahasiswa Jurusan Syari’ah telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. 2) Mengetahui alasan apa yang memotivasi mahasiswa Jurusan Syari’ah telah memanfaatkan internet sebagai  sumber belajar. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Syari’ah STAIN Manado angkatan 2011, 2012. Jumlah subyek dalam penelitian ini 90 orang dengan perincian 45 mahasiswa angkatan 2011 dan 45 mahasiswa angkatan 2012 yang tersebar di Jurusan Syari’ah, terdiri dari 20 pertanyaan kuesioner. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan subyek adalah dengan kriteria tertentu, yaitu teknil purposive sampling.

Berdasarkan hasil analisis regresi peranan internet dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dapat disimpulkan bahwasanya terdapat korelasi antara peranan internet dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan besaran nilai koefisien korelasi sebesar 0,726 dengan sig 0,000 < 0,05 berarti berkorelasi secara signifikan. Hasil regresi diperoleh koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,726 angka tersebut memberikan petunjuk bahwa peranan internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 72,60 %. Sisanya sebesar 27,40 % merupakan variasi atau pengaruh variable lain yang tidak diteliti dalam kajian ini. Misalnya, latar belakang orang tua, prasarana belajar kampus, dan buku paket belajar dan lain-lain. Hasil regresi antara peranan internet terhadap motivasi belajar mahasiswa diperoleh persamaan sebagai berikut: Besarnya koefisien konstanta (bo) = 5,933 dengan nilai t hitung sebesar 2,889 pada nilai Sig 0,000 < 0,05 yang berrati bahwa koefisien signifikan berpengaruh. Nilai bo sebesar 5,933 dapat diartikan bahwa nilai motivasi sebesar 5,933 satuan apabila peranan internet sama dengan Nol. Besar koefisien regresi variabel peranan internet (bx) = 0,105 dengan nilai t hitung sebesar 6,927 pada nilai Sig 0,000 < 0,05 yang berarti koefisien regresi untuk peranan internet adalah signifikan berpengaruh, Nilai koefisien bx sebesar 0,105 memberikan arti setiap peningkatan peranan internet dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 0,105 satuan.

 

Kata Kunci: Teknologi, Internet, Motivasi Belajar Mahasiswa

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v7i2.609

Article Metrics

Abstract view : 1770 times
PDF - 3310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)