Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13

Abdul Muis Vangino Daeng Pawero

Abstract


Abstrak

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau dipelajari siswa disekolah atau perguruan tinggi untuk memperoleh Ijazah tertentu, sejumlah mata pelajaran yang ditawarkan dalam suatu lembaga pendidikan atau jurusan

Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia dewasa ini salah satu diantaranya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri selalu dinamis. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh perubahan iklim ekonomi, politik, dan kebudayaan.

Kata Kunci; Analisis Kebijakan, KBK, KTSP, K-13.

Abstract

The curriculum is a tool that is very important for the success of an education. Without an appropriate and appropriate curriculum it will be difficult to achieve the desired educational goals and objectives. The curriculum is a number of subjects that must be taken or studied by students at school or college to obtain a particular diploma, a number of subjects offered in an educational institution or department

Curriculum changes that occur in Indonesia today, one of which is because science itself is always dynamic. In addition, the changes are also influenced by human needs that are always changing as well as outside influences, where the curriculum is not entirely independent, but is influenced by changes in the economic, political and cultural climate.

Keywords; Policy Analysis, KBK, KTSP, K-13.

Full Text:

PDF

References


Chamistijatin, Lise, & Dkk. (2009). Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan, L. (2010). Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Idi, A. (2007). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz.

Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Muhammad, A. (1992). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.

Mulyasa, E. (n.d.). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013: Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ronald, D. C. (1964). Curriculum Improvement, Decision Making and Process. Boston: Alyyn and Bacon.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Suparlan. (2011). Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum & Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparlan, & Suhartono. (2008). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Tafsir, A. (2006). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Article Metrics

Abstract view : 25267 times
PDF - 21251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)