Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Lima Waktu Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kec. Toili Kab. Banggai

Sukriadi Sukriadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berkenan dengan penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan salat lima waktu di MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dari penelitian ini berangkat dari masalah bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan salat lima waktu di MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai dan apa kendala dan solusi penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan salat lima waktu di MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai?

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan salat lima waktu di MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai adalah dengan menyampaikan tata tertib madrasah, memberikan tauladan, mengingatkan, menasehati, membimbing dan mengarahkan, serta memberikan hukuman.

Sedangkan kendala dan solusi yang dihadapi penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan salat lima waktu di MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai adalah kurangnya kesadaran siswa dan terbatasnya tempat berwudhu. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah bagi siswa salat adalah akan di tindak lanjuti dengan sanksi yang sudah ditetapkan sesuai dengan pelanggaran yang dibuat. Sedangkan untuk mengatasi masalah kurangnya tempat wudhu adalah dengan membuat tempat wudhu tambahan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Kata kunci:      Metode Pembiasaan, Kedisiplinan, Shalat lima waktu

 

Abstract

This study is pleased with the application of habituation methods in improving students' discipline in performing five daily prayers at MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai. With regard to this, then the description of this thesis departs from the problem of how the application of habituation methods in improving students' discipline in performing five daily prayers at MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai and what are the obstacles and solutions to the application of habituation methods in improving students' discipline in performing five daily prayers at MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai?

The results showed that the application of habituation methods in improving students' discipline in performing the five daily prayers at MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai is by conveying the rules of the madrasa, giving examples, reminding, advising, guiding and directing, and giving punishment.

While the constraints and solutions faced by the application of habituation methods to improve students' discipline carry out the five daily prayers at MA Darul Ulum Toili Kab. Banggai is a lack of awareness of students and limited places for ablution. The solution to overcome these obstacles is for students to pray is to be followed up with sanctions that have been set in accordance with the violations made. Whereas to overcome the problem of lack of ablution place is to make additional ablutions according to the amount needed.

Keywords:        Methods of customization, discipline, prayer five times

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: Yrama Widya.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Azizy, A. Q. (2002). Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial. Jakarta: Aneka Ilmu.

Badaruddin. (2015). Wawancara dengan Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili kelas XI, ruang kelas XI IPS Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Bahasa, T. P. K. P. dan P. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dahlia, B. S. (2015). Wawancara dengan Siswi Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili kelas X, ruang kelas Xa Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Darajat, Z. (1993). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Furqan, A. (2015). Wawancara dengan Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili kelas XI. Toili.

Hamid, M. M. A. (n.d.). Sunan Abi Dawud (1st ed.). Indonesia: Maktabah Dahlan.

Hariyono. (2015). Wawancara dengan Wakil Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili. Toili.

Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Muhadi. (2015). Wawancara dengan Kepala Madrasah Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Parijan, L. (2015). Wawancara Orang tua siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Pujiono. (2015). Wawancara dengan Guru Alqur’an Hadist Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Purwanto, E. (2015). Wawancara wakamad sarana dan prasarana Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili.

Purwanto, N. (1993). Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Salam, B. (2000). Pengantar Pedagogik; Dasar-dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suardi, E. (n.d.). Pedagogik 2 (2nd ed.). Bandung: Angkasa.

Subroto, B. S. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syamsul, M. (2015). Wawancara dengan Wakamad Kesiswaan Madrasah Aliyah Darul Ulum Toili,.

Tim Redaksi Sinar Grafika. (2007). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Usman, B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.890

Article Metrics

Abstract view : 3688 times
PDF - 1723 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)