TEORI TRANSFORMASIONAL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM

Nurul Sahana

Abstract


Abstrak

Pemimpin merupakan posisi paling utama dan bertanggung jawab dalam menentukan organisasi dan menggerakkan anggota organisasinya kearah tujuan yang dicita-citakan. Bukan hanya itu, ketika pemimpin yang lemah dalam menggerakkan organisasinya menjadikan organisasi tersebut terpuruk dan tidak mampu lagi bersaing pada zaman modern.

Pemimpin pendidikan yang ideal harus memiliki kemampuan meyakinkan anggota yang dipimpinnya untuk mewujudkan impian bersama berupa visi organisasinya sehingga layak disebut pemimpin visioner yang mampu melihat jauh kedepan, serta mampu melakukan perubahan-perubahan organisasi berdasarkan analisis-analisis yang cermat dalam kerangka membangun dan mengembangkan mutu institusi pendidikan sehingga dia layak disebut sebagai pemimpin transformasional.

Kata kunci:      Teori Transformasional, Kepemimpinan Pendidikan Islam

 

Abstract

The leader is the most important position and is responsible for determining the organization and moving the members of the organization towards the desired goals. Not only that, when a weak leader in mobilizing his organization makes the organization slumped and unable to compete in modern times.

The ideal education leader must have the ability to convince the members he leads to realize shared dreams in the form of his organizational vision so that he deserves to be called a visionary leader who is able to look far ahead, and is able to make organizational changes based on careful analyzes in the framework of building and developing the quality of educational institutions so he deserves to be called a transformational leader.

Keywords:    Transformational Theory, Islamic Education Leadership

Full Text:

PDF

References


Agama, K. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.

Baharuddin, & Umiarso. (2002). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, S., & Dkk. (2009). Manajamen dan Kepemipinan Transformasional Kepala sekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartono, K. (n.d.). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.

Komariah, A., & Triatna, C. (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Leithwood, Janzi, & Steinbach. (1999). Changing Leadership for Changing Times. Buckingham: Open University Press.

Mulyasa. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyono. (2009). Educational Leadership; Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Terry, G. R. (n.d.). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. (2008). Manajemen ,Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wuradji. (2009). The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformasional). Yogyakarta: Gama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.891

Article Metrics

Abstract view : 2137 times
PDF - 1442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)