PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Agustini Buchari

Abstract


Abstrak

Dalam pengelolaan pembelajaran, guru memegang peran yang sangat penting. Guru merupakan pelaksana proses belajar-mengajar sehingga keberhasilan pengajarannya sangat menentukan keberhasilan pendidikan pada umumnya. Hasil kajian teoretik menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran (learning management) dalam tugas-tugas fungsional guru akan terlaksana secara efektif dan efisien apabila guru mampu melakukan perannya sebagai manajer of instruction dalam menciptakan situasi belajar melalui pemanfaatan fasilitas belajar-mengajar.

Kata kunci:  Peran guru, pengelolaan, pembelajaran

 

Abstract

In learning management, teachers play a very important role. The teacher plays an important role as an agent Gin learning process, so that then the successful in teaching was greatly determine the successful of education in general. The results of theoretical research indicated that learning management in teachers’ functional tasks would be very effective and efficient if the teachers are able to perform their role as managers of instruction in creating learning situations through the use of teaching and learning facilities.

Keywords:  Teacher's role, management, learning

Full Text:

PDF

References


Buchori, M. (2001). Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Darmodihardjo, D. (1983). Peranan Mutu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Analisis Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, U. (1999). Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi. Bandung: Maju Mandar.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, T. (2002). Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Grasindo.

Sahertian, P. A. (1994). Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Sanusi, A. (1991). Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Semiawan, C. R. (1991). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XX1. Jakarta: Grasindo.

Silalahi, T. (1994). Kepemimpinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMEA Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. IKIP Jakarta.

Sudrajat, H. (1991). Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: ISPI.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tabrani, A. (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Tilaar, H. A. R. (2001). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Jakarta: IndonesiaTera.

Turang, J. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah/Jurusan”. Manado.

Usman, M. U. (2001). Manjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Article Metrics

Abstract view : 50221 times
PDF - 37663 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)