Peran Keteladanan Pendidik dalam Perilaku Belajar Mahasiswa.

Abdurahman Wahid Abdullah

Abstract


Abstrak

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, pihak penyelenggara pendidikan seharusnya tidak hanya memfokuskan perhatian pada hal-hal yang sifatnya fisik saja tetapi lebih daripada itu perlu ada perhatian yang lebih terhadap keteladanan yang merupakan hasil dari pemberian stimulus dan respon terhadap perilaku dosen. Metode yang digunakan penulis adalah metode analisis data deduktif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa keteladanan dosen sangat berperan dalam meningkatkan motivasi dan perilaku belajar mahasiswa. Kesimpulan tersebut diperoleh dari menganalisa konsep keteladanan dalam teori belajar behaviouristik dengan cara mengkorelasikannya dengan kajian tentang pemberian model atau contoh dari pendidik sehingga dapat mempengaruhi motif dan perilaku mahasiswa dalam belajar.

Kata kunci:      Keteladanan Pendidik, Perilaku Belajar Mahasiswa.

 

Abstract

In order to realize the goals of national education, the organizers of education should not only focus on matters of a physical nature but more than that there needs to be more attention to the example that is the result of providing stimulus and response to the behavior of lecturers. The method used by the author is a method of deductive data analysis with a type of descriptive qualitative research. The results of the study stated that lecturer exemplary was very instrumental in increasing student motivation and learning behavior. The conclusion was obtained from analyzing the concept of exemplary in behaviouristic learning theory by correlating it with the study of giving models or examples from educators so that they can influence students' motives and behavior in learning.

Keywords:        Exemplary Educator, Student Learning Behavior

Full Text:

PDF

References


Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Baharuddin, J., & Wahyuni. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Dahar, & Willis, R. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djiwandono, S. E. W. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mukminan. (1997). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: P3G IKIP.

Ramayulis, H. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Alam Mulia.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulwan, A.N. (1992). Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-kaidah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulwan, Abdullah Nasih. (1999). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. (S. Kamalia & H. N. Ali, Eds.). Jakarta: Pustaka Asy-Syifa.

Yudhawati, R., & Haryanto, D. (2012). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.921

Article Metrics

Abstract view : 2287 times
PDF - 1169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)