KONSEP DASAR EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pendidikan islam bertujuan untuk mengembangkan potensi fitrah yang ada pada diri manusia untuk menjadi insan kamil. Sehingga semua komponen yang ada dalam pendidikan haruslah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan tersebut, dibutuhkan evaluasi. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan mengkaji beberapa buku dan pemikiran tokoh, peneliti akan membahas lebih dalam tentang evaluasi pendidikan islam baik secara epistimologi, terminology, aksiologi, dan ontology. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kelemahan suatu proses pendidikan islam, yang mencangkup seluruh komponen yang ada didalammnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam proses pelaksanaannya evaluasi harus menerapkan beberapa prinsip, tekhik dan prosedur yang harus di ikuti demi baiknya hasil yang akan didapatkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Aziz. Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Abu Muhammad Iqbal. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Anas Sudjiono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Haidar Putra Daulay. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana, 2014.
Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.
Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Sukardi. Evaluasi Pendidikan : Prinsip Dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Syamsul Kurniawan. Ilmu Pendidikan Islam Sebuah Kajian Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.
Syamsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Uci Sanusi, and Rudi Ahmad Suryadi. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublihs, 2018.
Zaenal Arifin. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Tehnik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Zakiyah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i2.933
Article Metrics
Abstract view : 10930 timesPDF - 4422 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)