Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an dan Hadis

Mohamad Syakur Rahman, Ervita Kairupan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MTs Al-Inayah Kota Manado. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran di MTs Al-Inayah Manado? (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al-Inayah Manado? (3) Bagaimana kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning di MTs Al-Inayah Manado?

Penelitan ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa di MTs Al-Inayah Manado. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulisan dilihat dari ketuntasan hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi.

Dari  hasil pengamatan diperoleh kondisi kelas  yang akan diteliti sebelum diberi tindakan dengan model pembelajaran Project Based Learning, yaitu keaktifan belajar siswa di MTs Al-Inayah Manado Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis masih sangat rendah atau dapat dikatakan motivasi siswa kurang. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan pendekatan tradisional dan monoton yaitu penggunaan metode ceramah, dan pemberian tugas menulis kepada para siswanya. Pada hasil penelitian pra tindakan terlihat hanya 2 atau 10% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 56, dengan jumlah nilai 1120. Maka hasil ini masih pada kategori sangat rendah. Setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis, keaktifan siswa sudah mulai baik dari observasi awal yang hanya menggunakan metode ceramah, di mana siswa sudah lebih aktif bertanya, menjawab dan menjelaskan materi yang telah disampaikan.

Kata kunci:       Model Pembelajaran; Project Based Learning.

 

 

Abstract

This study is entitled Implementation of Project Based Learning Learning Model to improve student learning activeness in the subjects of the Qur'an Al Hadith in MTs Al-Inayah, Manado City. The formulation of the problem in this study are: (1) How is the application of learning models in MTs Al-Inayah Manado? (2) How is the implementation of the Project Based Learning learning model to improve student learning activities in MTs Al-Inayah Manado? (3) What are the constraints and solutions in applying the Project Based Learning learning model in MTs Al-Inayah Manado?

This research is the result of Classroom Action Research. The subjects of this study were students of class VIII even semester 2017/2018 academic year totaling 20 students at MTs Al-Inayah Manado. This research was conducted in two cycles, which consisted of four stages: planning, action, observation, and reflection. And at the end of each cycle an evaluation of student learning outcomes is carried out. Analysis and data collection techniques in this study used a written test seen from the completeness of learning outcomes, observation sheets and documentation.

From the observations obtained class conditions that will be examined before being given action with the Project Based Learning learning model, namely student learning activeness in MTs Al-Inayah Manado Semester II 2017/2018 Academic Year especially in the Qur'anic Hadith subjects are still very low or can be it is said that student motivation is lacking. This is caused by teachers who are still using the traditional and monotonous approach, namely the use of lecture methods, and giving writing assignments to their students. In the pre-action research results it was seen that only 2 or 10% of students reached the mastery learning criteria with an average grade of 56, with a total score of 1120. Then these results were still in the very low category. After applying the Project Based Learning learning model to the Qur'anic subjects of Hadith, student activity has begun both from the initial observation using only the lecture method, where students have been more active in asking questions, answering and explaining the material that has been delivered.

Keywords:        Learning Model; Project Based Learning


Full Text:

PDF

References


Agama, K. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.

Aminuddin, & Dkk. (2005). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bahasa, T. P. K. P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Basyir, H., Haidar, H., Muslim, M., & Isma’il, A. A. (n.d.). At Tafsirul Muyassar. Saudi Arabia: Percetakan Al Qur’an Raja Fahd.

Dahlan. (1990). Model-Model Mengajar. Bandung.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kumulasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konseptual dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Muhadjir, N. (2003). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Sardiman A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran yang Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sriyono. (2009). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, I. (2011). Model dan Metode Pembelajaran Modern Suatu Pengantar. Palembang: Tunas Gemilang Pres.

Suparta, M. (2003). Ilmu Hadis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Djadjuri, & Rusyan. (2000). Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i2.966

Article Metrics

Abstract view : 6592 times
PDF - 2378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)