Pendidikan Keagamaan Di Era Global

Rusman Langke

Abstract


Abstrak

Globalisasi memiliki pengaruh terhadap kehidupan kita memiliki dua sisi yaitu pengaruh positif maupun negatif. Untuk membentengi masyarakat, khususnya generasi muda dari berbagai pengaruh negatif globalisasi, salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan mengembangkan pendidikan keagamaan yang berwawasan global. Premis untuk memulai pendidikan keagamaan yang berwawasan gobal adalah bahwa globalisasi adalah sunatullah dan informasi atau pengetahuan tentang belahan dunia yang lain akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran diri kita akan kebesaran Sang Pencipta.

Pendidikan sebagai upaya dalam mencetak sumber daya manusia unggul, program-programnya diharapkan senantiasa berorientasi melahirkan generasi yang dewasa, berwawasan futuristik sekaligus antisipatif, serta peka dan peduli terhadap problematika yang akan muncul di masa depan. Dengan demikian, pendidikan harus dirancang sedemikian rupa yang memungkinkan para peserta didik mengembangkan potensi yang dimiliki secara alami dan kreatif dalam suasana penuh kebebasan, kebersamaan dan tanggung jawab.

Kata kunci :  Pendidikan Keagamaan; Era Global. 

 

Abstract

Globalization has an influence on our lives has two sides, namely positive and negative influences. To fortify society, especially the younger generation from the various negative effects of globalization, one step that can be taken is to develop religious education with a global perspective. The premise to start a globally-oriented religious education is that globalization is sunatullah and information or knowledge about the rest of the world will increase our understanding and self-awareness of the greatness of the Creator.

Education as an effort to produce superior human resources, its programs are expected to always be oriented towards giving birth to a generation of adults, futuristic as well as anticipatory, as well as sensitive and concerned about the problems that will arise in the future. Thus, education must be designed in such a way as to enable students to develop their natural and creative potential in an atmosphere of freedom, togetherness and responsibility.

Keywords :   Religious Education; The Global Era


Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2001). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Batubara, M. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Brown, T. (1995). Challenging Globalization as Discourse and Phenomenon. International Journal of Lifelong Education.

Buchori, M. (2001). Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Fadjar, A. M. (1999). Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Freire, P. (2000). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.

Hidayat, K., & Nafis, M. W. (2003). Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perennial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hitami, M. (2004). Mengosep Kembali Pendidikan Islam. Riau: Infinite Press.

ILO. (2004). A Fair Globalization: Creating Opportunities for All. Geneva: International Labour Office.

Langgulung, H. (2002). Peralihan Paradigma Dalan Pendidikan Islam dan sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Mandagi, M. J. (1999). Pendidikan Atas dasar Aktivitas Peserta Didik. Suara Pembaharuan.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhtarom. (2005). Reproduksi Ulama Di Era Global: Resistransi Tradisional Islam. Jakarta: Pustaka Setia.

Mulyono. (2009). Educational Leadership; Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.

Tholkhah, I., & Barizi, A. (2004). Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Intergrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tilaar, H. A. . (2005). Manifesto Pendidikan Nasional Tinjauan dari Perspektif Postrnodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: Kompas.

Tilaar, H. A. R. (2001). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Jakarta: IndonesiaTera.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i2.968

Article Metrics

Abstract view : 3022 times
PDF - 1322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)