Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menangani Siswa Dengan Perilaku Bermasalah di Mts Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian: 1) Untuk menganalisis penanganan terhadap siswa bermasalah pada MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu; 2) Untuk menganalisis peran kepemimpinan dalam menangani perilaku siswa bermasalah pada MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Metodologi penelitian yaitu: pendekatan kualitatif, dengan informan kepala dan wakil kepala madrasah, guru, dan siswa di MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Penanganan siswa yang berperilaku menyimpang di MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu ada beberapa cara yaitu: melakukan bimbingan terhadap siswa, melibatkan orang tua, guru, kepala madrasah dalam penanganan anak berperilaku menyimpang. 2) Peran kepemimpinan dalam menangani gangguan perilaku siswa di MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu sangat berperan, di mana kepala madrasah selalu menginstruksikan kepada guru untuk memberikan laporan perkembangan anak termasuk aspek sikap, melakukan identifikasi terhadap permasalahan siswa, dan menciptakan solusi yang efektif dalam menangani permasalahan siswa. Kepala madrasah selalu melibatkan baik itu unsur guru dan orang tua dalam menangani permasalahan siswa di MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu.
Abstract: Research objectives: 1) to analyze handling of a troubled student in MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu; 2) to analyze the role of leadership that we are doing in dealing with the behavior of a troubled studen In MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Research methodology: a qualitative approach, with informants head and deputy head of madrasah, teachers, and students in MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Technique data collection use observation, interview, and documentation. The research: 1) handling of students who behaves swerved in MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu there are several ways either: conducting guidance for students, involving parents, teachers, head of Islamic school in handling children to behave. 2) leadership in dealing with bullying behavior students in MTs Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu play an important role, in which the head madrasah always for teachers to instruct the including aspects of a child development , students carried out the identification of the problems, and create an effective in dealing with the students.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Gangguan Perilaku, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Darwis, Abu, Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid SD, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan, 2006
Fatonah, Sidiq, Konsep Penanganan Anak Bermasalah Menurut Alexander Sutherland Neill Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (1) Tahun 2014
Gay, L.R. dan Diehl, P.L, Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York, 1992
Ghichara, Jenny, Mengatasi Perilaku Buruk Anak, Jakarta: Kawan Pustaka, 2006
Hadi, M. Fahli Zatra, A. Muri Yusuf, Syahniar, Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa Dan Layanan Yang Diberikan, Jurnal Ilmiah Konseling Vol. 2 (1) tahun 2013
Hamid, Patilima, Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan I; Bandung: Alfabeta, 2005
Harun,Cut Zahri, Manajemen Sumber Daya Pendidikan, Yogyakarta: Pena Persada, 2009
Heri, Gunawan, Pendidikan Karakter “Konsep dan Implementasi”, Bandung: Alfabetha, 2014
Inah, Ety Nur, Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa, Jurnal Al-Ta’Dib Vol. 8 (2) 2015
Kadarman dan Jusuf Udaya, Pengantar Ilmu Manajemen, Cet.2; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992
Mahabbati, Aini, Pola Perilaku Bermasalah Dan Rancangan Intervensi Pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Functional Behavior Assessment, Jurnal Dinamika Pendidikan Vol. 01 (21) Tahun 2014
Maryatin, Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam, Jurnal Kajian Pendidikan Islam Vol. 5 (2) Tahun 2013
Miftah, Thoha, Perilaku Organisasi “Konsep Dasar dan Aplikasinya, Cet. 8; Jakarta: Raja Grafindo, 1996
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Professional Dalam Konteks Menyukseskan MBSdan KBK, Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2003
Mustopadidjaja, Kebijakan Efektif dan Efisien, Jakarta: LAN RI Jakarta, 2009
Nurkumala Sari Br. Lubis, Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Pembina Yogyakarta (Tesis Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, 2012)
Omboto, John Onyango, Gerald O. Ondiek, Odhiambo Odera, dan Mary Evelyn Ayugi, Factors Influencing Youth Crime And Juvenile Delinquency, International Journal of Research In Social Sciences, Vol. XX (28) Tahun 2015
P. Stephen, Robbins, Perilaku Organisasi, Penerjemah; Benyamin Molan, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, 2006
Stan, Kossen, Aspek Manusiawi dalam Organisasi, Penerjemah; Bakri Siregar; Jakarta: Erlangga, 1993
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed. Revisi, Cet. 14; Jakarta: Rineke Cipta, 2010
Suhid, Asmawati, Abdul Rahmah Md. Aroff, dan Norliana Kamal, ”Factors Causing Student Absenteeism According To Peers” Jurnal Faculty of Education Studies University Putra Malaysia, Vol. 3 (24) Tahun 2012
Suwatno dan Priansa, Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2016
Umar, Tirtarahadja dan La Sulo, Pangantar Pendidikan, Ed. Revisi, Cet. I; Jakarta: Asdi Mahasatya, 2003
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta, 2012
Refbacks
- There are currently no refbacks.