INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI ERA MERDEKA BELAJAR

Violina Dwi

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural yang mempunyai beranekaragam suku, ras, agama, dan budaya. Akan tetapi rasa saling menghargai, menghormati dan toleransi di antara masyarakat Indonesia sekarang ini masih kurang. Hal ini tentu saja menjadi ancaman tersendiri bagi bangsa Indonesia, selain itu juga berdampak pada karaktek yang dimiliki siswa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menentukan arah pembangunan Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu, pendidikan merupakan solusi utama dalam menghadapi permasalahan tersebut. Melalui pendidikan multikultural dalam Pendidikan Agama Islam yang diberikan di sekolah, diharapkan mampu meningkatkan karakter siswa dengan memanfaatkan sistem pembelajaran di era merdeka belajar. Metode penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan ide atau sebuah konsep baru dalam bidang Pendidikan Agama Islam di era Merdeka Belajar. Kesimpulan dari penulisan ini, melalui pendidikan multikultural dalam Pendidikan Agama Islam, kita mempunyai siswa yang berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan multikultural. Selain itu, siswa dapat berperan serta dalam upaya membangun bangsa Indonesia menghadapi persaingan global di dunia Internasional.

Full Text:

PDF

References

Al-Abrasyi, Athiyyah. At-Tarbiyyah Al-Islamiyyah wa Falsafatuha. (Beirut: Dar Al-Fikr, 1969).

Bank, James. An Introduction to Multicultural Education. (Boston-London: Allyn and Bacon Press, 2002).

Bank, James. Multiethnic Education: Theory and Practice. (Boston: Allyn and Boston, 1994).

Blum, Lawrence. Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar Ras, Tiga Nilai yang Bersifat Mendidikan Bagi Sebuah Masyarakat Multikultural. Alih bahasa Sinta & Dadang Rusbiantoro. (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001).

Candra, Bach Yunof. Problematika Pendidikan Agama Islam. ISTIGHNA. Vol. 1, No. 1, Januari 2018. h. 134.

Freire, Paulo. Pendidikan Pembebasan. (Jakarta: LP3S, 2000).

Hufad. Perilaku Kekerasan: Analisis Menurut Sistem Budaya dan Implikasi Edukatif. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. No. 2/XXII/2003. h. 54.

Ibrahim, Rustam. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN. Vol. 7. No. 1, Februari 2013. h. 148

Ikhwani. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusi yang Dilakukan Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA 2 Takalar. (Skripsi: UIN Alauddin Makassar, 2017).

KPAI. 202 Anak Tawuran dalam 2 Tahun. 8 September 2019.

Mahfud, C. Pendidikan Multikultural. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).

Skeel, D.J. Elementary Social Studies: Challenge for Tomorrow’s World. (New York Harcount Brce College Publishers, 1995).

Muhaimin, M. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Rajawali Press, 2007).

Mustaghfiroh, Siti. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3. No. 1, Maret. 2020. h. 145-146.

Nasir, Mohamad (Kementerian Riset dan Teknologi). Pendidikan Tinggi: Membangun Indonesia Unggul dan Berdaya Saing. (Yogyakarta: Kemenristekdikti, 2016).

Rosyidi, Unifah. Merdeka Belajar: Aplikasinya dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. (Seminar Nasional Pascasarjana UNJ Jakarta, 2020).

Sinaga, Sopian. Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. Jurnal WARAQAT. Vol. II. No. 1, Januari-Juni 2017. h. 180-183

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011).

Suparlan, Parsudi. Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia Ke-3. Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 16-19 Juni 2002. h. 99

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015).

Syahidin. Aplikasi Model Pendidikan Qurani dalam Pembelajaran Agama Di Sekolah. (Tasikmalaya: Ponpes Suryalaya, 2005).

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. (Bandung: Imtima, 2009).

Tholkah, Imam dan Barizi, Ahmad. Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Wardi, Moh. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusi Alternatifnya (Perspektif Ontologi, Epistemologis, dan Aksiologis). Tadris. Vol. 8. No. 1 Juni 2013. h. 65

Yaqin, Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. (Yogyakarta: Pilar Media, 2005).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.