PENERAPAN METODE KISAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS NURUL HUDA KAUDITAN II DAN MTS ALKHAIRAAT MAPANGET
Abstract
Metode pembelajaran adalah teknik yang dikuasai pendidik atau guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada peserta didik di kelas, agar materi pelajaran dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh peserta didik dengan baik. Seorang guru harus kreatif dalam menentukan metode yang digunakan pada saat penyampaian materi di kelas. Apabila metode yang digunakan sesuai dengan materi, maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, bertujuan untuk mengamati secara mendalam penerapan metode kisah dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Lokasi penelitian di MTs Nurul Huda Kauditan II dan MTs Alkhairaat Mapanget. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, penerapan metode kisah adalah salah satu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas, dari hasil wawancara peneliti dengan guru dan peserta didik mengatakan bahwa metode kisah sangat baik, di senangi dan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapannya dari segi waktu, buku dan media pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode kisah dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di MTs Nurul Huda Kauditan II dan di MTs Alkhairaat Mapanget. hal ini terlihat dari partisipasi peserta didik yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Hafizh, Muh. Nur, Mendidik Anak Bersama Rasulullah, al-Bayandul Qa’dah, 1984.
An-Nahlawi, Abdurahman, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, sekolah dan Masyarakat, Bandung: Diponegoro, 1992.
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Pers, 2002.
Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto, Suharsimin, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Athiyah, Muhammad, al-Abrasyi, Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta’lim, Saudi Arabia: Dar al-Ahya’, tt.
Aziz, Abdul, Abdul Majid, Mendidik dengan Cerita, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Bimbel, Roemah, “Makalah Metode Pembelajaran,” artikel diakses pada 28 Desember 2019 dari http://roemahbimbelvhira.blogspot.com/2015/05/makalah-metode-pembelajaran.html
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitan Kualitatif, Surabaya: Airlangga Press, 2001.
Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga Press, 2001.
Daradjat, Zakiah, dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Gunawan, Heri, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Hanafi, Segi-segi Kesusastraan pada Kisah-kisah Al-qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1984.
Istarani, Kumpulan 39 Metode Pembelajaran, Medan: CV. Iscom Medan, 2012.
Izzan, Ahmad, Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis, Bandung: KDT, tt.
Izzuddin, “Pentingnya Metode dalam Pembelajaran”, artikel pada 26 Desember 2019 dari https://www.google.com/amp/s/smpitizzuddin07.wordpress.com/2008/11/24/petingnya-metode-dalam-pembelajaran/amp/
Jati, Ira Puspita, “Kisah-kisah dalam al-Quran dalam Perspektif Pendidikan,” Jurnal Dadiktika Islamika Vol. 8 No. 2 (2016).
Khaerudin, Ahmad Khaerudin, “Metode Kisah dalam al-Quran dan Aplikasinya pada Pendidikan Agama Islam,” (Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, 2007).
Khaerudin, Ahmad,“Metode Kisah dalam al-Quran dan Aplikasinya pada Pendidikan Agama Islam,” (Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga, 2007).
Lestari, Nova Dwi, “Pentingnya Metode dalam Proses Pembelajaran”, artikel pada diakses 21 Desember 2019 dari https://www.academia.edu/35238533/PENTINGNYA_PENGGUNAAN_METODE_DALAM_PROSES_PEMBELAJARAN?auto=download
al-Maliki, Alawi, Prinsip-Prinsip Pendidikan Rasulullah, Jakarata: Gema Insan Press, 2002.
Moeslichatoen R, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Mulyasa, E, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
Munawwir, Kamus al-Munawwir Indonesia-Arab Lengkap, Surabaya, Pustaka Progresiff, 2007.
Munjin, Ahmad, dkk, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Refika Aditama, 2009.
Patoni, Achmad, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu, 2004.
Qadir Muhammad, Muhammad Abdul, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Qodir Ahmad, Muh. Abdul, Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: 1985.
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Salahudin, Anas, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015
Satori, Djam’an dan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
SM, Ismail, Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Resail Media Group, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Tambak, Syahraini, “Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal al-Thariqah 1, no. 1 (Juni 2016).
Usman, Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Wulandari, Wiwik Fitri, “Buku Teks Sangatlah Penting untuk Belajar Mengajar Mengapa?,” artikel diakses pada 4 Januari 2020 dari https://penerbitdeepublish.com/buku-teks-a-2/amp
Observasi awal, MTs Nurul Huda Kauditan II dan MTs Alkhairaat Mapanget, 18 Oktober 2019.
Observasi awal, MTs Nurul Huda Kauditan II, 14 September 2019.
Observasi awal, MTs Alkhairaat Mapanget, 18 Oktober 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.