EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA MTs DAN SMP DI KOTA BITUNG

Nuraini Muntu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana perencanaan evaluasi pembelajaran MTs Negeri I Bitung, SMP Negeri 7 Bitung dan SMP Muhammadiyah Bitung dan menganalisa bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran di? MTs Negeri 1 Bitung, SMP Negeri 7 Bitung dan SMP Muhammadiyah Bitung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk dianalisis sesuai dengan objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tiga cara: reduksi data, pengolahan dan analisis data. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan perencanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan belum maksimal karena ada langkah-langkah perencanaan evaluasi yang tidak dilakukan oleh guru : Pertama pada tahapan perencanaan membuat kisi-kisi terdapat guru PAI dan Budi Pekerti SMP Muhammadiyah Bitung tidak membuat kisi-kisi. Kedua, pada tahapan Perencanaan MTs Negeri 1 Bitung dan SMP Muhammadiyah Bitung terdapat 1 (satu) guru yang tidak melakukan uji coba dan analisa soal.? 2) Pelaksanaan evaluasi Pembelajaran pada MTs N 1 Bitung menggunakan e-learning, SMP Muhammadiyah Bitung dan SMP Negeri 7 Bitung menggunakan google form. Aplikasi e-learning Madrasah pada MTs Negeri 1 Bitung disiapkan oleh pemerintah (Kementerian Agama RI). Kelebihan aplikasi ini bahwa data yang telah di input tersimpan dengan aman dalam satu aplikasi sehingga tidak akan terjadi kehilangan data dan rekayasa nilai. Adapun kekurangan aplikasi e-learning Madrasah ini adalah disfungsi interaksi antara pendidikan dan peserta didik, siswa yang kurang motivasi belajar cenderung gagal. Penggunaan aplikasi google form pada SMP Muhammadiyah Bitung didukung penuh oleh Kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana pendukung cukup memadai dengan jaringan internet tersedia,? sarana komputer yang dimiliki oleh sekolah? tersedia di ruangan cukup untuk 20 peserta didik. Di samping itu terdapat kekurangan dalam menggunakan aplikasi google form adalah tenaga pendidik yang belum mahir dalam menggunakan google form karena tidak bisa mengoperasikan komputer secara baik, sehingga menggunakan tenaga orang lain dalam proses input soal. Apalagi guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang harus menampilkan ayat al-Qur?an sebagai soal HOTS. Pada SMP Negeri 7 Bitung fasilitas komputer tersedia, tenaga teknis yang mahir tetapi sebagian wilayah di lingkungan sekolah terdapat blind spot provider jaringan internet untuk telkomsel dan indosat serta jaringan internet Indi home belum terjangkau. Evaluasi untuk raport MTsN memakai RDM, SMP Muhammadiyah memakai aplikasi excel multifungsi dan SMPN 7 memakai excel sederhana.

?

Kata Kunci : Evaluasi,? Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Budi Pekerti.

Full Text:

PDF

References

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002

Muhammad Faturrahman, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogyakarta: Kalimedia, 2015

Salinan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang standar Penilaian Pasal 1 Ayat (1)

Joko Widiyanto, Evaluasi Pembelajaran, Madiun : Unipma Press : 2018

Syamsul Huda Rohmadi, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Araska, 2012

Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas,UndangUndang: Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2018

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Hofaul Hikmah, ?Pemanfataan E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembe;lajaran Jauh Masa Pandemi MIN 1 Rembang, ? Pendidikan dan Pelatihan 7, No 2 ( November, 29 2020) Jurnal Ilmiah diakses pada tanggal 19 Mei 2022 melalui https://bdksemarang.e-journal.id/Ed/article/download/81/19/

Abdul Majid, perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru), Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009

Rusman, Model-Model Pembelajaran : Mengambangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2012

Roida Pakpahan dan Yuni Fitriani, ?Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,? Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4, no. 2 (2020): 31. Jurnal Ilmiah diakses tanggal 19 Mei 2022 melalui https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.