MANAJEMEN SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA MANADO (STUDI MULTISITUS: SD NEGERI 115, SD NEGERI 125, SD NEGERI 88)
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan fungsi manajemen dalam menerapkan kurikulum merdeka, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan fungsi manajemen sekolah penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pendukung data-data penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknis pengolahan data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, mereduksi data, dan kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penarapan fungsi manajemen pada sekolah penggerak baik pada Angkatan pertama maupun angkatan kedua dengan menerapkan teori manajemen Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), Controling (pengawasan). Dengan demikian sekolah penggerak mampu menjadi lebih maju dan berkembang serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak mampu menjadi sekolah Pembina pada gugus sekolah masing-masing. Adapun factor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah penggerak ini adalah kepempinan, komitmen dan kolaborasi pemangku kepentingan, sumber daya, sarana dan prasarana, dukungan dari pemerintah dan masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Abdul azis Rambe, abdul azis. “Pendekatan Sistem dalam Perencanaan dan Manajemen Pendidikan” Jurnal Ta’dib, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan Kisaran. Volume 14, No.2 (Desember 2021),
Abdulsyani, Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)
Ahmadi Rulam, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Alhamuddin, Sejarah Kurikulum di Indonesia, Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014
Ariawan Sandy, Eko Suncaka, Maya Trisia Wardani. “Administrasi Pendidikan.” (Yogyakarta : Sulur Pustaka, 2023)
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Barlian Ujang Cepi, Siti Solekah, dan Puji Rahayu, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Journal Of Educational And Language Research : Bajang Journal, vol. 1, No. 12, (Juli 2022)
Daryanto & Muhammad Farid. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah.(Yogyakarta: Gava Media, 2013)
Djama’an and Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung:Alfabeta, 2014).
Husaini Usman.”Manajemen: teori, Praktek, dan Riset Pendidikan” (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
Isa, Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, Universitas Tanjungpura (Tanjungpura : Jurnal Vol.6 no.6 2022)
Ismail Feiby, “Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan” Jurnal Ilmiah Iqra’ IAIN Manado, 2018.
Ismail Feiby, ”Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Ilmiah Iqra’ Vol.10 2018
Kadarman A.M, “Pengantar Ilmu Manajemen”. (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 1991)
Kemendikbudristek, psp-web.pauddikdasmen.kemendikbud.go.id. diakses tanggal 7 Desember 2023
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, “Program Sekolah Penggerak (PSP). www.kemendikbud.go.id
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.
Manap Somantri, Perencanaan Pendidikan (Bogor: IPB Press, 2014)
Moleong Lexy.J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2009)
Nawawi Hadari, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Gunung Agung, 1984)
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Sandy Ariawan, Eko Suncaka, Maya Trisia Wardani. “Administrasi Pendidikan.” (Yogyakarta : Sulur Pustaka, 2023)
Sanjaya Wina. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)
Septuri. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam: Sebuah Analisis Aspek Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Konsep Manajemen Pendidikan Islam” jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung
Shalahuuddin, “Karakteristik Kepemimpinan Transformasional”
Strauss Anselm & Juliet Corbin, Basics of Qualitative Research. Grounded Theory, procedures and Techniques (New Delhi: Sage Publications, Inc. 1990)
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, R&D (Bandung: Alfabeta, 2011)
Suharsaputra Uhar, Metode Penelitian; Kualitatif dan Tindakan (Bandung; PT.Refika Aditama, 2012)
Sumarsih Ineu, Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. (Bandung: Universitas Indonesia Jurnal basicedu Vol.6 No.5, 2022)
Suprapto Isep, Guru Penggerak itu apa sih?, PP CGP Angkatan 5/KS SMPN 3 Tegalwaru Kab.Purwakarta, Disdik Purwakarta, 2023
T.J Sergiovanni.”The principalship: A Reflective Practice Perspective” (Routledge: 2018)
Tasin Rani Yati, Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Tingkat Sekolah Dasar di kota Manado. (Manado : Tesis MPI IAIN Manado 2023)
Terry George.R, Leslie.W.Rue. “Dasar-Dasar Manajemen” (Jakarta : Bumi Aksara, 2010)
Tri Nugroho Faozan, “Pengertian Manajemen, Tujuan dan Fungsi yang perlu diketahui” Jakarta : bola.com, Januari 2021
Turnip Helena, Perencanaan Pendidikan (Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora) Vol. 2 No.1 2023
Zamroni. Manajemen Pendidikan : Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i1.3387
Article Metrics
Abstract view : 54 timesPDF - 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All publication by
JIEP: Journal of Islamic Education Policy'
are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.