PERAN SDIT HARAPAN BUNDA MANADO DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA

Alham Alham

Abstract


Nilai-nilai moderasi beragama menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa sejak usia dini, demi terhindar dari paparan paham ekstrimisme, radikalisme, yang kemudian diakhiri dengan tindakan terror. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik pengumpalan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama ditanamankan dalam proses pembelajaran melalui kegiatan sosial dan kegiatan esktrakulikuler. Kendala yaang dihadapi berupa lingkungan homogen, pengaruh sosial media, serta masih belum adanya dukungan secara tegas dalam proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama siswa. SDIT  Harapan Bunda telah menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa, namun belum menjadikan materi moderasi beragama dalam kurikulum khusus sehingga proses penanaman moderasi bergama hanya sekedar termuat dalam kegiatan umum.

Keywords


Penanaman; Moderasi Beragama; Nilai - Nilai Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman Adi Saputra, Muhammad Syarif H. Djauhari, "Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Gorontalo", Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, Vol. 1, No. 1 (2021).

Anike H. Pongoliu, "Pembinaan Karakter Siswa Dal-Am Me-Mbentuk Sikap 3S (Senyum Salam Dan Sapa)", V. 02, No. 2 (2017).

Arip Budiman, "Menumbuhkan Rasa Komitmen Kebangsaan Dalam Perayaan Hut Ri Ke-78 Desa Bongas, Subang", Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 3, No. 10.

Ashana Mahya Ardiyanti, "Konsep Moderasi Beragama: Menuju Keberagaman dan Harmoni dalam Kehidupan Bermasyarakat", Takterlihat, 2024.

Asti Mir'atul Hasanah Siregar, "Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga Kota Sibolga", Skripsi, 2023.

Bakri, "Gerakan Moderasi Beragama Berbasis Ekstrakurikuler di SMK Islam Yapim Manado", Gupay Moderasi, 2021.

Kementerian Agama RI, "Moderasi Beragama", Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2017.

Maulida Ulfa, "Menjaga Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Strategi Menghadapi Teknologi", 2024.

Mustaqim Hasan, "Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa", Jurnal Mubtadiin, Vol. 7, No. 2 (2021).

Rapor Pendidikan, "Ringkasan", Kemendikbud, diakses pada 10 April 2024.

Romi Lie, "Peran Guru Agama dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah Negeri dan Swasta Bogor", Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, Vol. 2, No. 1 (2024).

Susana Aditiya Wangsanata, dkk., "Penanaman Moderasi Beragama Bagi Siswa Sekolah Dasar Menuju Indonesia Bebas Criminal Terrorism Pada Tahun 2045", Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Vol. 3, No. 2 (2022).

Thoriq Al Anshori, "Pengaruh Lingkungan Dalam Membentuk Sikap Moderat", TIMES Indonesia, 2024.

Zulkipli Lessy, dkk., "Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar", Pedagogie, Vol. 3, No. 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3422

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .