Analisis Persepsi Pengawas Madrasah Pasca Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKMBK)
Abstract
Dalam upaya memperkuat implementasi kebijakan pendidikan di tingkat satuan pendidikan, pelatihan menjadi instrumen penting untuk meningkatkan kapasitas untuk para pemangku kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi pengawas sekolah setelah mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKMBK) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung. Dalam konteks pendidikan Indonesia yang terus berkembang, IKMBK merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan melibatkan komunitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 5 pengawas sekolah yang telah mengikuti pelatihan IKMBK di Kemenag Provinsi Lampung. Hasil wawancara ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, yakni analisis tematik yang diperoleh dari wawancara mendalam. Teknik ini dilakukan dengan pengkodean data (coding), Pengelompokan data serta mengidentifikasikan pola-pola tematik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan persepsi pengawas sekolah setelah mengikuti pelatihan IKMBK. Perubahan ini mencakup pemahaman yang lebih baik tentang peran komunitas dalam pendidikan, kemampuan untuk merencanakan pembelajaran berbasis komunitas, dan keinginan untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam tugas sehari-hari mereka sebagai pengawas sekolah. Dengan demikian kegiatan tersebut memiliki implikasi penting dalam pengembangan pendidikan di Provinsi Lampung dan mendorong penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas.
Keywords
Full Text:
PDF (32-43)References
Abduh, M. (2023). Wawancara Widyaiswara Pelatihan IKMBK (Kamis, 15 Juni).
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293–303. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Bagus, Sinta, & Basyar, M. (2023). Penutupan Pelatihan di Wilayah Kerja Kemenag Pesawaran Diharapkan Menjadi Awal Lompatan Pencapaian Tujuan Program Prioritas. Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Lampung. https://lampung.kemenag.go.id/news-534539-.html
Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/maalim.v2i01.3129
Dewey, J. (1930). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. Macmillan New York.
Do’alang, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar “Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0,” 130.
Dukalang, L. (2023). Optimalisasi Peran Pengawas Bina Terhadap Hambatan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Binaan. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 416–423. https://doi.org/https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.47
Hasanah, I. F., Hadi, F. N., & Hasanah, U. (2022). Mobile Learning Media for Islamic History Studies: Evaluation and Shaping Futures. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.12275
Hasanah, I. F., Hasanah, U., & Zain, Z. F. S. (2023). MBKM dan Kreativitas Pengajar Dalam Pengembangan Materi Ajar di Perguruan Tinggi Islam. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i1.3353
Hasmori, A. A., Sarju, H., Norihan, I. S., Hamzah, R., & Saud, M. S. (2011). Pendidikan, kurikulum dan masyarakat: Satu inategrasi. Journal of Edupres, 1, 350–356.
Hastuti, M. (2023). Wawancara Pengawas Pelatihan IKMBK.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 181–192.
Hidarya, I. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 Bagi Pengawas Pendidikan Agama Islam. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.2
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.
Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Di Komite Pembelajaran Sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160–166. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2481
Isnaini. (2023). Wawancara Pengawas Pelatihan IKMBK.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Mahmud, W. (2023). Persepsi Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Mereka di Madrasah Sekota Gorontalo: Analisis Dari Segi Kesiapan Pengawas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 230–237. https://doi.org/https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.53
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Mustari, M. (2022). Manajemen Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nabilla, I. F. H. (2022). Mind Mapping Sebagai Metode Alternatif Pembelajaran Akidah Akhlak. TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, 2(1), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.23
Nurhawati. (2023). Wawancara Pengawas Pelatihan IKMBK.
Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Pengembangan Kokurikuler: Menumbuhkan Potensi, Meraih Merdeka Belajar. Indonesia Emas Group.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54. https://doi.org/https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rosana, A. (2023). Wawancara Panitia Loka Diklat Pelatihan IKMBK.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103.
Royani, A. (2023). Wawancara Pengawas Pelatihan IKMBK.
Setiawan, I., Maryani, S., Akhmad, A., & Martin, N. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Di SMK Negeri 1 Lingsar Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2601–2611. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17732
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130–144. https://doi.org/https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404
Siminto, S., Majdi, M., Hardiansyah, A., Rofi’i, A., & Gazali, A. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek: Mengembangkan Kreativitas Dan Kemampuan Kolaboratif. TARBIYATUL ILMU: Jurnal Kajian Pendidikan, 2(2), 104–115.
Sinta, Bagus, M. B. (2023). Tingkatkan Kompetensi, ASN Kemenag Pesawaran Ikuti PDWK PPMB dan IKM-BK. https://lampung.kemenag.go.id/news-534432-.html
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka? PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.56773/pjer.v1i1.11
Yusriyati. (2023). Wawancara Pengawas Pelatihan IKMBK.
Zuryani, E. (2023). Wawancara Widyaiswara Pelatihan IKMBK (Selasa, 13 Juni).
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v10i1.3594
Article Metrics
Abstract view : 39 timesPDF (32-43) - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All publication by
JIEP: Journal of Islamic Education Policy'
are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.