Strategi Multi Marketing Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Calon Siswa di Smait Bait Et-Tauhied Serang, Banten

Tasya Ruspita, Alya Agustin, Muhajir Muhajir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi multi marketing yang diterapkan oleh SMA Islam dalam meningkatkan jumlah pendaftar peserta didik baru di tengah persaingan ketat antar sekolah, khususnya di kawasan urban seperti Kota Serang. Strategi yang digunakan menggabungkan pendekatan daring (online) melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan YouTube, serta pendekatan luring (offline) melalui sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah tingkat SMP di sekitar wilayah operasional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara di SMA Islam Terpadu Bait Et-Tauhied. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses reduksi data, yaitu proses pemilahan, pemfokusan, penyederhanaan, dan transformasi data mentah yang diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi menjadi data yang bermakna dan relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMAIT Bait Et-Tahied kota serang telah menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan minta calon siswa baru dengan menerapkan system pengenalan sekolah melakukan cara offline maupun online. Penerapan strategi yang dilakukan dilakukan untuk menarik minat calon siswa yang akan melanjutkan pendidikan tingkat SMA di SMAIT Bait Et-Tauhed. Sebab utama diperlukannya strategi ini adalah karena tingginya kompetisi antar lembaga pendidikan di wilayah tersebut. Akibatnya, sekolah dituntut untuk lebih aktif, dan inovatif, dalam menyampaikan nilai jualnya kepada masyarakat. Dampak menunjukan bahwa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan minat calon siswa memberikan penigkatan yang cukup signifikan bagi SMAIT Bait Et-Tauhied dengan banyak nya calon siswa yang mendaftar.

Keywords


Strategi Multi Marketing; Minat Calon Siswa; Sekolah Unggulan

Full Text:

PDF (44-54)

References


AK, W. W. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory.

Ameh, M. Y. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Sekolah Menengan Kejuruan Muhammadiyah. 1-10.

Arifin, I. (2014). Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 211.

Arista, H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik . Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 38.

Ariyani, R. D. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JAMPI: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2.

Basri, H. (2021). Peran Media Sosial dalam Promosi Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 89-104.

Evi Zulfiah, N. N. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 414-442.

Evi Zulfiah, N. N. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 22.

Habibah, U., Wahyudin, W., & Muhajir, M. (2023). Peran Pemerintah Dalam Mendorong Pendidikan Islam yang Inklusif di Madrasah. Jurnal Al-Murabbi, 9(1), 221-235.

Hamalik, O. (2018). Manajemen pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hidayat, R. (2022). Strategi Promosi Sekolah di Era Digital. . Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 33.

Hidayat. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Izzuddin Palembang . Journal of Islamic Education Management, 39.

iniyati Hasanah, E. S. (t.thn.). Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam Dan Kepuasan Layanan Terhadap Peningkatkan Minat Peserta Didik Masuk Sekolah (Studi Di MTS Jabal Rachmah Rajeg Dan MTS Sepatan. Innovative: Journal.

Jumiat, A., & Muhajir, M. (2019). Peran Mgmp Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Pai Smp Di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus di MGMP PAI SMP Rayon 01 Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Pandeglang). Jurnal Qathruna V, 6, 21-42.

Kartiko, I. F. (2023). Pengaruh Promosi an Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 51.

Labaso, S. (2019). Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 289.

Masitoh, N. N. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 543-552.

Moch. Sya’roni Hasan and Abdul Aziz. (2023). “Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik Di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang . Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 5.

Muhajir, M., Tambak, S., & Sukenti, D. (2024). Learner-centered education affect for madrasah teacher personality competence: The cases of project-based learning methods. International Journal of Religion, 5(11), 947-959.

Muhammad Abu Bakar, K. A. (2023). Improving Quality Islamic Education for Today’s Generation. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 28.

Munir, M. (2020). Penerapan Media Sosial dalam Strategi Branding Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 140-152.

Reseal Akay, J. E. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa Di Bidang Teknologi Informasi Di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1-8.

Saidah, S. R. (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Cakru Kencong Jember. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 22--36.

Sunarni. (2021). Strategi Pemasaran Sekolah. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 10.

Sutarno. (2023). Supervision Management in Improving Madrasah Achievement in State Aliyah Madrasas. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 53-65.

Tambak, S., Sukenti, D., Syarif, M., & Harahap, M. (2024). Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Guru Madrasah: Melibatkan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Instruksi Pegem, 14(3), 243–255. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.03.23

Wahyuni, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Brand Awareness Sekolah Swasta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 95-106.

Wahyuni, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Brand Awareness Sekolah Swasta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 65.

Yuliana, L., & Muhajir, M. (2021). Peran Core Dan Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa (Studi kasus di SMA Insan Kamil Tartila dan SMA Al–Asmaniyah Kabupaten Tangerang). Jurnal Qathruna, 8, 85-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v10i1.3628

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF (44-54) - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .