Strategi Guru dalam Program Kelas Tahfidz Siswa MTs Negeri 1 Balikpapan

Suci Mutmainna Said, Aam Amaliatus Sholihah, Muchammad Eka Mahmud

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pengajaran dalam program kelas tahfidz sebagai upaya mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang unggul secara intelektual, spiritual, dan moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam program kelas tahfidz serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data melalui kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi melalui metode talaqqi, muroja’ah, dan tasmi’, serta strategi motivasi siswa dengan pendekatan personal, dukungan moral, dan pemanfaatan teknologi. Faktor pendukung program ini meliputi fasilitas madrasah, keterlibatan guru, dan dukungan orang tua, sementara hambatannya mencakup kurangnya kedisiplinan siswa, keterbatasan waktu, beban akademik, serta kurangnya konsistensi dan keterlibatan sebagian orang tua.


Keywords


Strategi; Guru; Kelas Tahfidz

Full Text:

PDF (55-67)

References


Afiyah, S. (2019). Implementasi program tahfidz dalam memperkuat karakter siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo.

A’la Al Maududi, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2014). Metode tahfizh Al-Qur’an bagi pelajar dan mahasiswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Alby, A. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Al-Faruq, U. (2014). Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur’an. Surakarta: Ziyad Books.

Amelina, M. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VII Program Tahfidz di MTs. Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo.

Anwar, S. (2024). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Tutor Sebaya Pada Sekolah Dasar. Malang: Lierasi Nusantara abadi Grup.

Aziz, A., & Rauf, A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Bandung: PT Syamil Cipta Media.

Badwilan, A. S. (2009). Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayah, N. (2016). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan (Vol. 4). State Islamic Institute of Tulungagung.

Inayati, N. L., Rossi, V., & Rosyida, A. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPA Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta.

Kusuma, J. W., Arifin, Abimanto, D., Hamidah, Khoiri, A., Evi Susanti, S., Khoir, Q., & Ni’ma, M. A. (2023). Strategi pembelajaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Lutfi, A. (2009). Pembelajaran Al-qur’an dan Hadits. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Mahfudhon, U. N. (2017). Jalan Penghafal Al-Quran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa kelas III. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(01), 30–37.

Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murado, R. (2019). Cara Gampang Menghafal Al-Qur’an Untuk Pemula dan Orang Sibuk. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sucipto. (2020). Tahfidz Al-Quran Melejitkan Prestasi. Sidoarjo: Guepedia.

Sugiarto, R. M. (2019). Cara Gampang Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Wahyuqolbu.

Syah, M. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren program tahfidz Al-Qur’an sebagai metode pendidikan anak. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87–96.

Wibisana, G. (2022). Mewujudkan Sekolah Religius Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Di SMP Negeri 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(1), 115–121.

Winataputra, U. S., & Rosita, T. (1994). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Ministry of Education and Culture.

Zahro, N. F. (2013). Strategi pengembangan Tahfidzul Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v10i1.3668

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF (55-67) - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .