Analisis Tahapan Proses Kebijakan Kurikulum Merdeka di Indonesia Berdasarkan Model William Dunn

Anggraeni Eka Sarrayu, Budi Purwoko, Mufarrihul Hazin

Abstract


Penelitian ini menganalisis tahapan proses kebijakan Kurikulum Merdeka di Indonesia menggunakan model William Dunn. Sebagai reformasi pendidikan terbaru, Kurikulum Merdeka memberikan tekanan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada peserta didik untuk membangun karakter serta kompetensi yang relevan dengan abad ke-21. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan observasi dengan melibatkan pemangku kepentingan seperti pembuat kebijakan, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Analisis data dilakukan melalui pengkodean tematik dan triangulasi, mengacu pada tahapan model William Dunn (identifikasi masalah, formulasi, implementasi, dan evaluasi), untuk memastikan validitas dan kedalaman temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kebijakan mencakup empat tahap utama: (1) mengidentifikasi keterbatasan kurikulum sebelumnya dan tuntutan globalisasi, (2) merancang solusi berbasis nilai Pancasila dan keterampilan abad ke-21, (3) mengimplementasikan pelatihan guru dan pengembangan sumber daya, serta (4) mentransmisikan hasil pembelajaran dan dampak sistemik. Tantangan utama meliputi disparitas sumber daya antarwilayah, kesiapan guru yang tidak merata, dan kesenjangan infrastruktur. Di sisi lain, kurikulum ini menawarkan peluang inovasi melalui pembelajaran berbasis proyek dan otonomi sekolah. Temuan penelitian menekankan pentingnya pelatihan guru berkelanjutan, pemerataan sumber daya, dan kolaborasi multistakeholder guna mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka.


Keywords


Kurikulum Merdeka; Proses Kebijakan; William Dunn Model

Full Text:

PDF (1-12)

References


Aji, KA (2023). Tinjauan Pustaka: Hubungan Kurikulum Merdeka dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 17. https://doi.org/10.55081/jpj.v4i1.732

Anif, S., Sutopo, A., & Prayitno, HJ (2020). Validasi Lesson Study: Model Pengembangan Guru IPS dan IPA dalam Implementasi Kurikulum Nasional di Sekolah Muhammadiyah, Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Universal, 8(1), 253.https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080132

Anzani, RA (2023). Pendekatan Berpusat pada Siswa dalam Implementasi Guru Kurikulum Merdeka dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMP Ma'arif NU Paguyangan, Brebes. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 110–129.https://doi.org/10.18592/let.v8i2.2394

Anzani, RA (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Berprofil Pancasila di Pendidikan Anak Usia Dini. Atfaluna: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam, 6(2), 85–100.https://doi.org/10.32505/atfaluna.v6i2.6517

Bochel, H. (2022). The Policy Process. 289–294. https://doi.org/10.1002/9781394260430.ch42

Cairney, P. (2019). Analisis Kebijakan dalam 750 kata: William Dunn (2017) Analisis Kebijakan Publik. Diperoleh darihttps://paulcairney.wordpress.com/2019/12/13/analisis-kebijakan-dalam-750-kata-william-dunn-2017-analisis-kebijakan-publik/

Dunn, WN (2017). Analisis Kebijakan Publik (edisi ke-6). Routledge.

Fakhrudin, IA, Probosari, RM, Indriyani, NY, Khasanah, AN, & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Batang Dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan Dan Tantangan Pada Guru Smp. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71. https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266

Ferdaus, SA, & Novita, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK di Indonesia. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(2), 297. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1201

Gonsalves, C. (2024). Dampak AI Generatif pada Pemikiran Kritis: Meninjau Kembali Taksonomi Mekar.

Hadi, A., Marniati, M., Ngindana, R., Kurdi, MS, Kurdi, MS, & Fauziah, F. (2023). Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 15(2), 1497.https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3126

Hanayanti, H., Tahapary, NL, Basalama, PN, & Miniaty, Y. (2023). Menggali Tantangan Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah: Tinjauan Pustaka. Matai: Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa, 4(1), 115-121.https://doi.org/10.30598/matail.v4i1.11651

Hapsari, AD, & Widiastuty, N. (2023). Interpretasi Guru terhadap Kurikulum Merdeka Sebagai Kebijakan di Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 57(2), 123–134.https://journal.unnes.ac.id/jurnal/jktp/artikel/unduh/16283/3098

Jo, H. (2025). Interaksi antara budaya kolaboratif, kepemimpinan pemberdayaan, dan lingkungan kerja TI di sektor publik: Studi metode campuran. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 82, 102883. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2025.102883

Kadir, HA (2023). Penerapan Profil Mahasiswa Pancasila. Jurnal Penelitian Multidisiplin Kontemporer Indonesia, 2(3), 349. https://doi.org/10.55927/modern.v2i3.4116

Kasman, K., & Lubis, SK (2022). Rancangan Instrumen Evaluasi Kinerja Guru dalam Penerapan Paradigma Pembelajaran Baru Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760.https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5674

Kochetkova, T., & Kochetkov, A. (2022). Tinjauan Analitis Kebijakan Pendidikan tentang Transformasi Digital Pendidikan Sekolah. Prosiding Ilmu Pendidikan Eropa, 22043, 212–221.https://doi.org/10.15405/epes.22043.23

Lee, S. (2025). Analisis Kebijakan Baru yang Segar: Teori Bertemu Praktik. Blog Analisis Angka.https://www.numberanalytics.com/blog/teori-analisis-kebijakan-baru-yang-segar-bertemu-dengan-praktik

Lembong, JM, Lumapow, HR, & Rotty, VNJ (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Lestari, NAP, Wahyuni, LTS, Arnyana, IPB, & Dantes, N. (2023). Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Internasional, 7(4), 567–575.https://doi.org/10.23887/ijee.v7i4.64103

Lubis, A., Sinaga, NA, & Sazali, H. (2024). Komunikasi Kebijakan Publik Dalam Penanganan Permasalahan Tanah Eks Hgu Ptpn Ii (Persero) Di Sumatera Utara. Sosiohumaniora, 26(1), 59.https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47380

Marwan. (2023). Implementasi dan Isu-isu Kurikulum Merdeka. COSMOS: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi, 1(1), 28–31.

Nurhattati, N., Matin, M., Buchdadi, AD, & Yusuf, CF (2020). Sertifikasi Guru di Indonesia: Analisis Kebijakan Pendidikan. Jurnal Riset Pendidikan Universal, 8(5), 1719.https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080508

Oecd. (2020). Evaluasi Kebijakan Pendidikan – Meninjau Lanskap Oecd. Makalah Kerja Pendidikan Oecd, No. 242.Https://Doi.Org/10.1787/19939019

Pertiwi, AK, & Pusparini, R. (2021). Perspektif Guru Bahasa Inggris SMK Terhadap Kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan, 3(5), 1982. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.672

Puad, L. M. A. Z., & Ashton, K. (2023). A critical analysis of Indonesia's 2013 national curriculum: Tensions between global and local concerns. The Curriculum Journal, 34, 521–535. https://doi.org/10.1002/curj.194

Puspitasari, D., & Wahyuni, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Kurikulum Merdeka Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 31-42.https://doi.org/10.5281/zenodo.10459163

Rahman, M. (2023). Analisis Dampak Kebijakan Kurikulum Merdeka terhadap Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530.https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801

Rahmawati, IS (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229

Saa, S. (2024). Kurikulum Merdeka: Adaptasi Kebijakan Pendidikan Indonesia di Era Digital dan Tantangan Global. Revista De Gestão Sosial E Ambiental, 18(3), e07323.https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n3-168

Saputra, DW, & Hadi, MS (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33

Sari, FFK, Sukarno, S., & Murwaningsih, T. (2023). Paradigma Baru Kurikulum Merdeka: Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Internasional, 7(1), 79. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54092

Sari, NA, & Wahyuni, S. (2024). Tantangan Manajemen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Al-Hayat: Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 711.https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.711

Sari, NA, & Wahyuni, S. (2024). Dampak Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Internasional Multidisiplin, 14, 14–22.https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.711

Sibarani, S., & Sinamo, N. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7900

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, YE, & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Sistematis. Kalam Cendekia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Sumaludin, MM (2022). Implementasi Merdeka Belajar melalui Museum sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Proyek Terdiferensiasi. Riwayat Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 5(1), 195. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.26643

Syahrir, S., Marliyani, I., & Iskandar, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia: Tinjauan Pustaka yang Sistematis. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1434–1450.https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.6580

Syofyan, R., & Oknaryana. (2021). Redesain Pembelajaran Ekonomi Berbasis Keterampilan 4C di Sekolah Menengah Atas di Padang. Advances in Economics, Business and Management Research/Advances in Economics, Business and Management Research. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.058

Thoriq, A., & Mahmudah, FN (2023). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Esd): Tinjauan Literatur Sistematis tentang Desain Strategi Pengembangan Kurikulum. Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 10(5). https://doi.org/10.46827/ejes.v10i5.4803

Wahira, N., Habib, H., & Hasanah, M. (2023). Implementasi dan Isu-isu Kurikulum Merdeka. COSMOS: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi, 1(1), 28–31.

Wahyuningsih, RS, Zahro, F., Anggrestia, NV, Khasanah, MP, & Mardliyah, AA (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 276. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3616




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v10i1.3570

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF (1-12) - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .