Analisis Tahapan Proses Kebijakan Kurikulum Merdeka di Indonesia Berdasarkan Model William Dunn
Abstract
Penelitian ini menganalisis tahapan proses kebijakan Kurikulum Merdeka di Indonesia menggunakan model William Dunn. Sebagai reformasi pendidikan terbaru, Kurikulum Merdeka memberikan tekanan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada peserta didik untuk membangun karakter serta kompetensi yang relevan dengan abad ke-21. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan observasi dengan melibatkan pemangku kepentingan seperti pembuat kebijakan, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Analisis data dilakukan melalui pengkodean tematik dan triangulasi, mengacu pada tahapan model William Dunn (identifikasi masalah, formulasi, implementasi, dan evaluasi), untuk memastikan validitas dan kedalaman temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kebijakan mencakup empat tahap utama: (1) mengidentifikasi keterbatasan kurikulum sebelumnya dan tuntutan globalisasi, (2) merancang solusi berbasis nilai Pancasila dan keterampilan abad ke-21, (3) mengimplementasikan pelatihan guru dan pengembangan sumber daya, serta (4) mentransmisikan hasil pembelajaran dan dampak sistemik. Tantangan utama meliputi disparitas sumber daya antarwilayah, kesiapan guru yang tidak merata, dan kesenjangan infrastruktur. Di sisi lain, kurikulum ini menawarkan peluang inovasi melalui pembelajaran berbasis proyek dan otonomi sekolah. Temuan penelitian menekankan pentingnya pelatihan guru berkelanjutan, pemerataan sumber daya, dan kolaborasi multistakeholder guna mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka.
Keywords
Full Text:
PDF (1-12)References
Aji, KA (2023). Tinjauan Pustaka: Hubungan Kurikulum Merdeka dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 17. https://doi.org/10.55081/jpj.v4i1.732
Anif, S., Sutopo, A., & Prayitno, HJ (2020). Validasi Lesson Study: Model Pengembangan Guru IPS dan IPA dalam Implementasi Kurikulum Nasional di Sekolah Muhammadiyah, Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Universal, 8(1), 253.https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080132
Anzani, RA (2023). Pendekatan Berpusat pada Siswa dalam Implementasi Guru Kurikulum Merdeka dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMP Ma'arif NU Paguyangan, Brebes. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 110–129.https://doi.org/10.18592/let.v8i2.2394
Anzani, RA (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Berprofil Pancasila di Pendidikan Anak Usia Dini. Atfaluna: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam, 6(2), 85–100.https://doi.org/10.32505/atfaluna.v6i2.6517
Bochel, H. (2022). The Policy Process. 289–294. https://doi.org/10.1002/9781394260430.ch42
Cairney, P. (2019). Analisis Kebijakan dalam 750 kata: William Dunn (2017) Analisis Kebijakan Publik. Diperoleh darihttps://paulcairney.wordpress.com/2019/12/13/analisis-kebijakan-dalam-750-kata-william-dunn-2017-analisis-kebijakan-publik/
Dunn, WN (2017). Analisis Kebijakan Publik (edisi ke-6). Routledge.
Fakhrudin, IA, Probosari, RM, Indriyani, NY, Khasanah, AN, & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Batang Dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan Dan Tantangan Pada Guru Smp. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71. https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266
Ferdaus, SA, & Novita, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK di Indonesia. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(2), 297. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1201
Gonsalves, C. (2024). Dampak AI Generatif pada Pemikiran Kritis: Meninjau Kembali Taksonomi Mekar.
Hadi, A., Marniati, M., Ngindana, R., Kurdi, MS, Kurdi, MS, & Fauziah, F. (2023). Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 15(2), 1497.https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3126
Hanayanti, H., Tahapary, NL, Basalama, PN, & Miniaty, Y. (2023). Menggali Tantangan Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah: Tinjauan Pustaka. Matai: Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa, 4(1), 115-121.https://doi.org/10.30598/matail.v4i1.11651
Hapsari, AD, & Widiastuty, N. (2023). Interpretasi Guru terhadap Kurikulum Merdeka Sebagai Kebijakan di Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 57(2), 123–134.https://journal.unnes.ac.id/jurnal/jktp/artikel/unduh/16283/3098
Jo, H. (2025). Interaksi antara budaya kolaboratif, kepemimpinan pemberdayaan, dan lingkungan kerja TI di sektor publik: Studi metode campuran. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 82, 102883. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2025.102883
Kadir, HA (2023). Penerapan Profil Mahasiswa Pancasila. Jurnal Penelitian Multidisiplin Kontemporer Indonesia, 2(3), 349. https://doi.org/10.55927/modern.v2i3.4116
Kasman, K., & Lubis, SK (2022). Rancangan Instrumen Evaluasi Kinerja Guru dalam Penerapan Paradigma Pembelajaran Baru Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760.https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5674
Kochetkova, T., & Kochetkov, A. (2022). Tinjauan Analitis Kebijakan Pendidikan tentang Transformasi Digital Pendidikan Sekolah. Prosiding Ilmu Pendidikan Eropa, 22043, 212–221.https://doi.org/10.15405/epes.22043.23
Lee, S. (2025). Analisis Kebijakan Baru yang Segar: Teori Bertemu Praktik. Blog Analisis Angka.https://www.numberanalytics.com/blog/teori-analisis-kebijakan-baru-yang-segar-bertemu-dengan-praktik
Lembong, JM, Lumapow, HR, & Rotty, VNJ (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Lestari, NAP, Wahyuni, LTS, Arnyana, IPB, & Dantes, N. (2023). Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Internasional, 7(4), 567–575.https://doi.org/10.23887/ijee.v7i4.64103
Lubis, A., Sinaga, NA, & Sazali, H. (2024). Komunikasi Kebijakan Publik Dalam Penanganan Permasalahan Tanah Eks Hgu Ptpn Ii (Persero) Di Sumatera Utara. Sosiohumaniora, 26(1), 59.https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47380
Marwan. (2023). Implementasi dan Isu-isu Kurikulum Merdeka. COSMOS: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi, 1(1), 28–31.
Nurhattati, N., Matin, M., Buchdadi, AD, & Yusuf, CF (2020). Sertifikasi Guru di Indonesia: Analisis Kebijakan Pendidikan. Jurnal Riset Pendidikan Universal, 8(5), 1719.https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080508
Oecd. (2020). Evaluasi Kebijakan Pendidikan – Meninjau Lanskap Oecd. Makalah Kerja Pendidikan Oecd, No. 242.Https://Doi.Org/10.1787/19939019
Pertiwi, AK, & Pusparini, R. (2021). Perspektif Guru Bahasa Inggris SMK Terhadap Kurikulum “Merdeka Belajar”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan, 3(5), 1982. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.672
Puad, L. M. A. Z., & Ashton, K. (2023). A critical analysis of Indonesia's 2013 national curriculum: Tensions between global and local concerns. The Curriculum Journal, 34, 521–535. https://doi.org/10.1002/curj.194
Puspitasari, D., & Wahyuni, S. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Kurikulum Merdeka Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 31-42.https://doi.org/10.5281/zenodo.10459163
Rahman, M. (2023). Analisis Dampak Kebijakan Kurikulum Merdeka terhadap Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530.https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801
Rahmawati, IS (2023). Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan. El-Idare Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229
Saa, S. (2024). Kurikulum Merdeka: Adaptasi Kebijakan Pendidikan Indonesia di Era Digital dan Tantangan Global. Revista De Gestão Sosial E Ambiental, 18(3), e07323.https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n3-168
Saputra, DW, & Hadi, MS (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Sari, FFK, Sukarno, S., & Murwaningsih, T. (2023). Paradigma Baru Kurikulum Merdeka: Implementasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Internasional, 7(1), 79. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54092
Sari, NA, & Wahyuni, S. (2024). Tantangan Manajemen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Al-Hayat: Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 711.https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.711
Sari, NA, & Wahyuni, S. (2024). Dampak Pelatihan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Internasional Multidisiplin, 14, 14–22.https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.711
Sibarani, S., & Sinamo, N. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7900
Sucipto, S., Sukri, M., Patras, YE, & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Pustaka Sistematis. Kalam Cendekia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353
Sumaludin, MM (2022). Implementasi Merdeka Belajar melalui Museum sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Proyek Terdiferensiasi. Riwayat Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 5(1), 195. https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.26643
Syahrir, S., Marliyani, I., & Iskandar, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia: Tinjauan Pustaka yang Sistematis. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1434–1450.https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.6580
Syofyan, R., & Oknaryana. (2021). Redesain Pembelajaran Ekonomi Berbasis Keterampilan 4C di Sekolah Menengah Atas di Padang. Advances in Economics, Business and Management Research/Advances in Economics, Business and Management Research. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.058
Thoriq, A., & Mahmudah, FN (2023). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Esd): Tinjauan Literatur Sistematis tentang Desain Strategi Pengembangan Kurikulum. Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 10(5). https://doi.org/10.46827/ejes.v10i5.4803
Wahira, N., Habib, H., & Hasanah, M. (2023). Implementasi dan Isu-isu Kurikulum Merdeka. COSMOS: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi, 1(1), 28–31.
Wahyuningsih, RS, Zahro, F., Anggrestia, NV, Khasanah, MP, & Mardliyah, AA (2024). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 276. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3616
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v10i1.3570
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF (1-12) - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All publication by
JIEP: Journal of Islamic Education Policy'
are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.