Hubungan Motivasi Berorganisasi Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa di MA Muhammadiyah Talawaan Bajo

Lutfia Male

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang hubungan motivasi berorganisasi dengan prestasi belajar PAI siswa di MA Muhammadiyah Talawaan Bajo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi berorganisasi dengan prestasi belajar PAI siswa di MA Muhammadiyah Talawaan Bajo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi nilai rata-rata raport siswa pada mata pelajaran PAI semester I tahun ajaran 2021/2022, hasil analisa dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa motivasi berorganisasi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI siswa di MA Muhammadiyah Talawaan bajo. Hal ini dapat dilihat dari nilai 𝑡ℎi𝑡𝑢𝑛g > 𝑡Tabel dengan nilai 2,632 > 1.668 pada taraf signifikan 5% yang artinya 𝐻0 ditolak.

Nilai koefisien korelasi yang telah dihitung adalah sebesar 0,292 yang berada pada tingkat hubungani yangi lemah. Menggunakan rumus koefisien determinan dapat diketahui variabel motivasi berorganisasi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar PAI sebesar 8,5264%, dan sisanya 91,4736% ditentukan oleh variabel lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik motivasi berorganisasi yang diberikan maka semakin baiki juga prestasi belajar PAI siswa di MA Muhammadiyah Talawaan Bajo.

 

Kata kunci: Berorganisasi, Motivasi, PAI, Preatasi Belajar


Full Text:

34-55

References


A W S Lestari, “Hubungan Keaktifan Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa di Fakultas Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Tahun 2015.” Repositori Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, 2015.

Ambarwati Arie, Perilaku dan Teori Organisasi, Malang: Media Nusa Creative, 2018

Andayani Dian dan Abdul Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet- 3, 2006.

Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Ikatan Pelajar Muhammadiyah Pasal 6 Tentang Maksud dan Tujuan IPM.

Arifin Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendeklatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, Cet-IV, 2009.

Arikunto Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Belajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2010,

Azhari Akyas, Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Teraju, 2004.

B. A Nirwana, Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTS Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY, 2016.

Dalyono M, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Deddy Veithzal, dan Rivai, Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: PT Rajawali Pers 2013

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988

Depdikbud, Kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995

Djamarah Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1994

Djamarah Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Duha Timotius, Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Deepublish, 2018

Duwi Priyatno, Buku Saku Analisis Statistic Data SPSS, Cet-I, Yogyakarta: Mediakom, 2011

Helmawati, Pendidikan Keluarga, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Ihsan Helli, “Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep dan Panduan Penilainnya”, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 13, No. 2, 2015

Jhony Raka, Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Surabaya: Karya Anda, 1986

Kadir dan Ardianto, Aplikasi statistic dalam penelitian dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPS, Yogyakarta: Deepublish, 2021

Khotimah Khusnul, “Hubungan Pengamalan Nilai-Nilai Agama Islam Dengan Prestasi

Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016

M A Sardiman, Interaksi dan Motivasi berorganisasi Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

M Pradayu, “Hubungan Aktivitas Organisasi terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus

Pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Inspirasi Periode 2016-2017).” dalam

JOM Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Pekanbaru, Vol.4 No 2 2017

Mahyuddin dkk, Teori Organisasi, Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021

Martono Nanang, METODE PENELITIAN KUANTITATIF : Analisis isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010

Mas’fud F dan Firdausz, R, “Motivasi Mahasiswa Bergabung di Organisasi Intra

Kampus (Studi Eksplorasi Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip).” Diponegoro Journal of Management Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegor, Vol. 2, No. 2, Tahun 2013.

Nurfadila, dkk. 2018. “Hubungan Keaktifan Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi

Mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Tahun 2018.” Medika

Tadulako Jurnal Ilmiah Kedokteran Universitas Tadulak, Vol.6 No.2 Mei 2019

Pamugkas Pajar, Peran Ikatan pelajar muhammadiyah dalam kedisiplinan, Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017

Purwanto Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,( Bandung: Rosda Karya, Cet. 7, 1994

Purwanto Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 8, 1993

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula Bandung: Alfabeta, 2009

Rusyan, A. Thabrani, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung; Remaja Rosdakarya, 1989

S. S. Pratiwi, “Hubungan Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi berorganisasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” dalam Jurnal Pendidikan dan Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.6 No.1 2017

Sabri Alisuf, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996

Sabri M. Alisuf, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1993

Shaleh Abdul Rahman dkk, Psikologi Suatu Pengantar dalam perspektif islam, Jalarta: Kencana, 2004

Shofan Moh, Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstuktif Membongkar

Dikotomi Sistem Pendidikan Islam, Jogjakarta: UGM Press, 2004

Sudijono Anas, Pengantar statistik Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2019

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian Bandung: Alfabeta, 2009

Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, Cet. II, 2006

Supardi, Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan penarikan kesimpulan Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2017

Suralaga Fadilah dkk, Psikologi Pendidikan dalam Persepektif Islam, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005

Suryobroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta. 2015

Suyasa Y.S dan Lenny, P.T, “Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal.”

Jurnal Phonesis Universitas Tarumanegara, Bandung: Volume 8 Nomor 2 Juni 2014

Syafaruddin. Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam, Medan: Perdana publishing, 2015

Syah Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet.14, 2008

Tim Penyusun Kemuhammadiyahan: jilid-I, Yogyakarta: Madrasah Mu’allimin

Muhammadiyah, 2018

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurukulum KTSP, Jakarta: Kencana, 2009

Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Uno B Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009

Winkel W.S, Psikologi Pengajaran, cet. Ke-4, Jakarta: Grasindo, 1996 http://www.scribd.com/doc/36537893/12/Indikator-Motivasi, diakses pada hari selasa 20 September 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i1.2323

Article Metrics

Abstract view : 250 times
34-55 - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)