Aliran Filsafat dalam Pendidikan Islam Ditinjau dari Perspektif Muhammad Jawwad Ridla
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengertian, tokoh-tokoh dan aliran filsafat dalam pendidikan Islam ditinjau dari prespektif Muhammad Jawwad Ridla. Metode penelitian menggunakan penelitian literatur melalui analisis dokumen berupa studi pustaka. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang berupa penggambaran dari suatu keadaan atau fenomena tertentu dengan menggunakan metode interaktif. Metode interaktif digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, tulisan, atau hasil penelitian yang relevan dengan tulisan ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis isi. Analisis isi yaitu dengan mencatat dokumen atau arsip yang berkaitan erat dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menyimpulkan aliran filsafat dalam pendidikan Islam ditinjau dari prespektif Muhammad Jawwad Ridla terdapat tiga aliran filsafat pendidikan Islam, yaitu: 1) Aliran Konservatif, dengan tokoh utamanya adalah al-Ghazali, 2) Aliran Religius-Rasional, dengan tokoh utamanya yaitu Ikhwan al-Shafa, dan 3) Aliran Pragmatis, dengan tokoh utamanya adalah Ibnu Khaldun
Abstract: The purpose of writing articles of philosophy in Islamic education is viewed from the perspective of Muhammad Jawwad Ridla, namely discussing the understanding of the philosophy of Islamic education, figures in the philosophy of Islamic education and philosophy in Islamic education from the perspective of Muhammad jawwad ridla. The research method in this article uses literature research through document analysis in the form of literature study. The form of this research is qualitative with a descriptive method in the form of a depiction of a certain condition or phenomenon using interactive methods. Interactive methods are used to examine the contents of a document, writing, or research results that are relevant to this paper. The data collection technique in this research is content analysis. Content analysis, namely by recording documents or archives that are closely related to the research objectives. The conclusion of the philosophical school in Islamic education in terms of Muhammad Jawwad Ridla's perspective, there are three schools of Islamic education philosophy, namely: 1) The Conservative School, with the main character being al-Ghazali, 2) The Religious-Rational School, with the main character being Ikhwan al-Shafa, and 3) Pragmatic school, with the main character is Ibn Khaldun
Kata Kunci: Aliran Fisafat, Pendidikan Islam, Muhammad Jawwad Ridla
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Al-Attas, Syed M. al-Naquib. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Mizan, 1988.
Al-Rasyid, and Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Arif, Mahmud. Pengantar Penerjemah Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Prespeftif Sosiologis-Filosofis, Karya Muhammad Jawwad Ridha. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.
Assegaf, Abd Rachman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Haidhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2010.
Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Huda, Choirul. “Pemikiran Ekonomi Bapak Ekonomi Islam; Ibnu Khaldun.” Economica 4 (2013).
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2017.
Kurniawan, Fajar. “Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental).” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 2019.
Madjid, Nurcholis. Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 2000.
Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia, 2004.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta, 2005.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Historis, Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Salim, Ahmad. “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Pada Manajemen Pendidikan.” Journal Literasi 4 (2014).
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya, 2001.
Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Perkembangan Kurikulum.” Tsaqafah, 2015.
Zaprulkhan. “Filsafat Pendidikan Islam Studi Pemikiran Pendidikan Isla Fazlur Rahman.” Episteme 9 (2014).
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Refbacks
- There are currently no refbacks.