Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Collaborative Writing

Ramadhan Jamhar, Idris Mboka, Sidik Sidik

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan peningkatan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode collaborative writing. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif  kualitatif  dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, lembar pengamatan dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis teks eksposisi setelah  menggunakan metode collaborative writing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode collaborative writing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa khususnya kelas VII A SMP Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil menulis teks eksposisi mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 66,09 dan mengalami peningkatan pada siklus II, yaitu 74, 53.



Keywords


Exposition Text; Collaborative Writing

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C. (2004). The Tapestry of English Language Teaching and Learning in Indonesia. Malang: State University of Malang Press.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Azmussya’ni, Wangid, & Nur, M. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasi, 2(1).

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Gie, T. L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset.

Jamhar, R., & Dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar Seri pada Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. In Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS). Padang: Universitas Negeri Padang.

Luna, A. M. R., & Ortiz, L. S. H. (2013). How A Colombian Journal for Teachers of English. Collaborative Writing to Enhance Academic Writing Development Through Project Work, 130–148.

Pawero, A. M. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Policy, 2(2). https://doi.org/10.30984/j.v2i2.700

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Pranctise. Cambridge: Cambridge University Press.

Shachar, H. (2003). Who Gains what from Cooperative Learning: An overview of eight studies. London: Routledge.

Widodo, H. P. (2006). Teaching Cooperative Writing. Guidelines, 28(1), 27–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1028

Article Metrics

Abstract view : 3949 times
PDF - 1487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)