Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah sebagai stimulus dalam meningkatkan kinerja guru. Guru sebagai salah satu pelaksana manajemen sekolah secara langsung berada di garda terdepan dalam mencetak generasi yang berintegritas dan berprestasi. Dalam melaksanakan tugasnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh supervisi pengawas dan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Supervisi pengawas dalam menjalankan perannya sebagai koordinator, konsultan, dan evaluator yang memberikan bimbingan kepada guru dan manajemen sekolah. Sementara Kepemimpinan kepala sekolah dapat membantu guru meningkatkan kemampuan kinerja dalam peroses belajar mengajar. Membantu guru meningkatkan kompetensi pribadi, pedagogis, professional, sosial, dan memberikan motivasi untuk meningkatkan posisi karier mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Mawardi, A. A.-H. A. bin M. bin H. (2008). Islam Happy Ending; Harapan Kaum Beriman. Bandung: Pustaka Hidayah.
Arcaro, J. S. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu. (Y. Iriantara, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aris Suherman, & Saondi, O. (2012). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama.
Asf, J., & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan; Terobosan Terbaru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889
Ellong, T. D. E., & Pawero, A. M. D. (2018). Islamic Education Management for Millenial Generation; Quality and Competitivaness. In The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Fathurrahman, P., & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Peroses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Harbani Psolong. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Z. E., & Nizar, S. (2011). Hadis Tarbawi; Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Prespektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Maliki, Z. (2010). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Martono, E., & Suraja, G. (2014). Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Raka Cipta.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara.
Pawero, A. M. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Policy, 2(2). https://doi.org/10.30984/j.v2i2.700
Pawero, A. M. D., & Dkk. (2019). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management. In Procceding The 2nd Annual Conference on Islamic Education Management (Vol. 53, pp. 1689–1699). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Raihan. (2011). Kepemipinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: Lkis.
Rohman, A. (2013). Guru dalam Pusaran Kekuasaan; Potret, Konspirasi dan Politisasi. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Rohmanto, E., & Aqib, Z. (2008). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawasan Sekolah. Bandung: Yamara Widya.
Rusman. (2011). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sairin, W. (2010). Himpunan Peraturan di Bidang Pendidikan. Jakarta: Jala Permata Aksara.
Saondi, O. (2014). Membangun Manajemen Pendidikan Berbasis Sistem Informasi. Bandung: Refika Aditama.
Soetjipto, & Kosasi, R. (2004). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineke Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional; Pedoman Kinerja Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Surya, M. (2013). Psikologi Guru; Konsep dan Aplikasi dari Guru, untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Tilome, A. A., & Masaong, A. K. (2014). Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100
Article Metrics
Abstract view : 7778 timesPDF - 4728 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)