Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Proses Pembelajaran
Abstract
Kebiasaan sementara guru adalah lebih banyak diisi dengan ceramah, mencatat serta membaca, tidak mengherankan bila suasana kelas lebih banyak pasif menerima apa yang diberikan oleh guru daripada anak aktif. Dampak dari sistem tersebut adalah anak belum sepenuhnya mengerti materi yang diajarkan, disisi lain keberanian untuk menanyakan hal-hal yang dianggap perlu juga jarang terjadi pada anak. Untuk itu perlu menggunakan model pembelajaran yang bervariasi termasuk model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD).
Kesimpulan: Student Tiem Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Ada 5 (Lima) lima komponen utama, yaitu : 1) Presentase kelas; 2) pembentukan Tim; 3) Kuis; 4) Skor kemajuan individual; 5) Rekognisi Tim.
Rekomendasinya adalah: Guru harus mengetahui kemampuan setiap siswa didalam kelas, implikasinya pemerataan tingkat kompetensi dari masing-masing kelompok dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Guru membuat persiapan dengan baik, implikasinya pembelajaran lebih teratur sebab ada langkah-langkah pembelajarna yang telah diuraikan terlebih dahulu, disamping itu guru benar-benar siap untuk melaksanakan pembelajaran karena sudah mempersiapkan terlebih dahulu.
Kata Kunci : Kooperatif, Student tim achievement division
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.578
Article Metrics
Abstract view : 3150 timesPDF - 1130 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)