Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Siswa Kelas XII pada Kelas Bahasa MAN Model Manado
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas XII pada kelas Bahasa MAN Model Manado mengarang dalam bahasa tulis bahasa Jepang? dan (2) jika kemampuan siswa-siswa kelas XII pada kelas Bahasa MAN Model Manado menulis masih di bawah standar (kurang dari 60), apakah pemberian media melalui gambar berseri dan pemberian kata-kata kunci di bawah pengawasan dan pengamatan langsung oleh guru yang diadakan secara bervariasi, dapat meningkatkan kemampuan mereka menulis dalam bahasa Jepang? Hasil-hasil pemberian tindakan setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan atau berarti, bukannya kebetulan. Hal itu tampak pada peningkatan kemampuan siswa kelas XII (kelas Bahasa) MAN Model Manado dari siklus ke siklus. Siklus pertama menunjukkan skor rata-rata 64,6 dari hasil tes awal 53,4. Pada siklus berikutnya, yaitu siklus kedua terjadi lagi peningkatan menjadi 77,4. Siklus ketiga 83,7 dan pada siklus yang keempat atau yang terakhir, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 87,6. Berdasarkan kenyataan bahwa pemberian tugas menulis dengan menggunakan alat bantu atau media berupa gambar berseri yang disertai dengan kata-kata kunci efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis dalam bahasa tulis bahasa Jepang, maka disarankan pada para guru agar dalam latihan-latihan atau tugas-tugas menuis dalam pembelajaran bahasa yang diberikan kepada para siswa mestilah menggunakan lebih banyak alat bantu atau media pembelajaran berupa gambar-gambar berseri yang disertai dengan kata-kata kunci.
Kata Kunci: gambar berseri, menulis, bahasa Jepang.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v7i2.610
Article Metrics
Abstract view : 2204 timesPDF - 2712 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)