PERAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM

Mohamad Syakur Rahman

Abstract


Abstrak

Penanaman nilai-nilai Islam dapat berlandaskan visi keimanan  berupa akidah dan tauhid merupakan fundamen dasar dan asasi,dan visi muamalah, dimulai dari lingkungan keluarga dimana orang tua harus bersikap penyayang, lemah lembut adil dan bijaksana dan tidak boleh dengan cara sebaliknya. Tujuan penanaman nilai-nilai Islam pada anak ditujukan kepada tujuan jasmani, rohani dan mental. Ketiga komponen ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak boleh ada yang ditinggalkan. Memperkenalkan syari’at Islam kepada anak dengan cara memberikan arahan dan tauladan dan ini dapat dilakukan dalam lingkungan rumah tangga baik itu dalam bentuk muamalah sosial dan ibadah. Orang tua adalah pendidik utama dan pertama bagi anak-anak.

Kata kunci:     Orangtua, nilai-nilai Islam


Abstract

Planting Islamic values can be based on a vision of faith in the form of aqidah and tauhid is a fundamental and basic fundamentals, and muamalah vision, starting from a family environment where parents must be compassionate, gentle and just and wise and not otherwise. The purpose of planting Islamic values in children is aimed at physical, spiritual and mental goals. These three components constitute a unified whole and no one should be left behind. Introducing Islamic Shari'a to children by giving direction and role models and this can be done in a household environment whether it is in the form of social muamalah and worship. Parents are the primary and first educator for children.

Keywords:       Parents, Islamic values

Full Text:

PDF

References


Agama, K. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia.

Al-Bahi, M. (1984). Kebangkitan Islam Di Bawah Bayang-Bayang Mendung. Jakarta: Mutiara Offset.

Al-Nawawi. (1924). Shahih Muslim (VI). Al-Misriyah: al-Maktabah.

Al-Qusyairi, I. A. H. M. bin al-H. (1995). Shahih Muslim (IV). Kairo: Isa al-Babi al-Halabi was-Sirkah.

Arifin, H. M. (1978). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama (4th ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, H. M. (1982). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: PT. Golden Terayon Press.

Daradjat, Z. (n.d.-a). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (n.d.-b). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gunarsah, S. D., & Gunarasah, Y. S. D. (1995). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia.

Krebs, R. (n.d.). Bagaimana Membesarkan Anak yang Baik. Cipta Loka Ceraka.

Langgulung, H. (1986). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Ma’loufh, L. (1986). Al-Munjit fi al-Lughah wa al-I’lam. Beirut: Dar al-Machrich Publicher.

Malang, T. D. F.-I. (1988). Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan (III). Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto, N. (1993). Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmat, J., & Gandaatmaja, M. (1993). Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Saleh, A. (1990). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Alquran. Jakarta: Rineka Cipta.

Subrata, M. S., & Hadi. (1991). Mengembangkan Kepribadian Anak BALITA (II). Jakarta: Gunung Mulia.

Suwarno. (1985). Pengantar Ilmu Pendidikan (II). Jakarta: Aksara Baru.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (I). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Zainuddin. (1991). Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Gazali (I). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.886

Article Metrics

Abstract view : 2935 times
PDF - 1447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)