Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berawal dengan adanya kecurigaan peneliti terhadap peran kajian bahasa Arab dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren dengan memotret kegiatan berbahasa Arab di Pondok Pesantren terutama pada Pondok Pesantren modern dan Pondok Pesantren konvensional (salafi). Fokus utama analisis adalah penggunaan bahasa Arab serta aktifitas berbahasa Arab baik di dalam maupun diluar kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran bahasa Arab dapat membantu pembentukan karakter santri secara berkesinambungan dengan ditopang oleh kehadiran sistem dan corak pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren. Corak dan sistem tersebut membentuk karakter santri, diantaranya karakter komunikatif, disiplin, relegius dan beretika, toleran dan bertanggungjawab, kemandirian dan percaya diri, serta penghargaan.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Pembentukan Karakter, Pondok Pesantren
Abstract
This study began with the researchers' suspicion of the role of Arabic studies in shaping the character of students in the Islamic Boarding School by photographing Arabic activities in the Boarding School especially in modern Boarding School and conventional Boarding School (Salafi). The main focus of the analysis is the use of Arabic and Arabic language activities both inside and outside the classroom.
The results showed that, learning Arabic could help the formation of the character of students in a sustainable manner supported by the presence of Arabic learning systems and patterns in Pondok Penatren. The patterns and systems form the character of the santri, including communicative, disciplined, religious and ethical character, tolerant and responsible, independence and confidence, and appreciation.
Keywords: Learning Arabic, Forming Characters, Islamic Boarding SchoolsFull Text:
PDFReferences
Al-Tawwab, R. A. (1994). Fiqh Al-Arabiyah. Al-Qahirah: Maktabah Al-Khanja.
Fitri, A. Z. (20112). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.
Garancang, S. (2010). Problematika Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Sosio-Religia, 2(2).
Izfanna, D., & Hisyam, N. M. (2012). A Comprehensive Approach in Developing Akhlaq. Multicultural Education and Technologhy Journal, 6(6), 77.
Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Megawati, R. (2007). No Title. Bogor: : Indonesia Haritage Foundation.
Raihani. (2012). Report on Multicultural Education in Pesantren. Journal of Comparative and International Education Compare, 42(4), 585–605.
Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten. Journal of Arabic Studies, 3(2), 167–180.
Siddiq, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta (Studi Etnografi),. Al-Ma’rifah, 14(2), 24–36.
Syamsu, P. K. (2018). Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. El-Ibtikar, 7(2), 18–40.
Wahyuni, I. (2017). Bahasa Arab dalam Konteks Simbol Agama; Analisis Terhadap Tujuan Pembelajaran pada Perguruan Tinggi Islam. Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam, 3(2), 78–92.
Wekke, I. S. (2014). Tradisi Pesantren dalam Konstruksi Kurikulum Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua Barat. Karsa, 22(1), 21–39.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v13i1.935
Article Metrics
Abstract view : 5097 timesPDF - 2666 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)