Implementasi Nilai Agama dan Budaya dalam Upaya Memperkuat Moderasi Beragama di Sekolah Adat Ammatoa Kajang

Risfaisal Risfaisal, St. Haniah

Abstract


ABSTRAK

Tergerusnya Pemahaman nilai-nilai budaya lokal pada siswa yang merupakan bagian dari nilai-nilai moderasi beragama telah mengakibatkan siswa menurunnya pemahaman budaya lokal sehingga sebahagian siswa kehilangan identitasnya para siswa sudah kehilangan rasa malu (siri?) dan rasa empati kepada negaranya (pacce?). Selain itu pula di era sekarang para remaja mengalami degradasi moral. Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui bagaimana peran sekolah adat ammatoa kajang dalam upaya penanaman nilai agama dan budaya pada guru dan siswa sebagai upaya memperkuat moderasi beragama (ii) Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai agama dan budaya pada guru dan siswa sebagai upaya memperkuat moderasi beragama. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan memahami upaya implementasi nilai agama dan budaya dalam upaya memperkuat moderasi beragama di sekolah adat ammatoa kajang. Informan ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan partisipatif. Teknik analisis data melalui berbagai tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.?Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa siswa di Sekolah Adat Ammatoa Kajang perlu mendapatkan perhatian dari pihak sekolah yakni guru untuk mendapatkan edukasi penanaman nilai agama dan budaya sesuai mata pelajaran agama dan budaya berbasis moderasi agama yang dikonsepkan oleh kementerian agama. Upaya menanamkan nilai budaya yaitu 1) mengenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia melalui bacaan buku dan literasi digital 2) menceritakan nilai-nilai budaya lokal daerah 3) mengenalkan sejak dini budaya-budaya dari setiap daerah yang berbeda. Upaya menanamkan nilai keagamaan pada siswa dimulai dengan memberikan kepada mereka nilai-nilai yaitu: 1) nilai ketauhidan 2) nilai moral, dan (3) nilai akhlak/perilaku.


Keywords


Implementasi; Sekolah Adat; Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33?54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 96?100. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Fakhruddin, A. (2014). Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta?lim, 12(1), 79?96.

Hidayah, V. R., & Azizah, N. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Kegiatan Mengaji Al Qur ? an di TPQ Nurul Khikmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab Dan Dakwah, 1(2), 159?167. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.978

Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX(Januari), 1?8. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

M. A. Hermawan. (2020). Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di Sekolah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31?43. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365

Qowim, A., Yuni Suprapto, & Nur, D. M. M. N. (2020). Abdul Qowim, dkk : Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 242?248. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507

Rusli, R., & MA Kholik. (2013). Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62?67. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.468

Salsabila Azahra. (2022). Moderasi Beragama Untuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia (pp. 81?94). Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. https://doi.org/https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.220

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 324?348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v26i2.2126

Article Metrics

Abstract view : 778 times
PDF - 712 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Potret Pemikiran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Statistic Journal Potret

Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

Creative Commons License

All publication by  Potret Pemikiran are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Potret Pemikiran, ISSN 1693-1874 (Print), ISSN 2528-0376 (Online)