PENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA MTs N 2 KOTAMOBAGU MELALUI SIMBOL AGAMA, KONTEN MODERAT DAN RELASI SOSIAL
Abstract
Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa penanaman nilai moderasi beragama siswa MTsN 2 Kotamobagu melalui simbol Agama, konten moderat dan Relasi Sosial. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel snowball sampling melalui wawancara dengan siswa madrasah MTsN 2 Kotamobagu sebagai informan kunci, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dan dewan pembina kegiatan keagamaan, maka penelitian ini menemukan bahwa penanaman nilai moderasi beragama siswa MTsN 2 Kotamobagu melalui simbol Agama sepanjang simbol agama tersebut di tempatkan di tempat umum, berkaitan dengan konten moderat siswa mengakses konten-konten yang mendeklarasikan moderasi beragama di facebook dan youtube. Siswa tidak setuju terhadap konten-konten yang bermuatan kekerasan beragama, dan radikalisme yang dapat memecah hubungan antar umat beragama dan Dalam relasi sosial, siswa bersedia tinggal berdampingan dan menjalin pertemanan dengan orang yang berbeda agama.
Abstract: Investing in The Values of Religious Moderation Students of MTs N 2 Kotamobagu Through Religious Symbols, Moderate Content, And Social Relations. This study aims to analyze the inculcation of the value of religious moderation in MTsN 2 Kotamobagu students through religious symbols, moderate content, and social relations. By using a descriptive approach and a snowball sampling technique through interviews with madrasah students at MTsN 2 Kotamobagu as key informants, madrasa heads, deputy heads of student madrasas, and the board of supervisors for religious activities, this study found that inculcating the value of moderation in MTsN 2 Kotamobagu students through religious symbols. As long as the religious symbol is placed in a public place, it is related to moderate content; students access to content that declares religious moderation on Facebook and YouTube. Students disagree with content that contains religious violence and radicalism that can break relations between religious communities, and in social relations, students enjoy content and make friends with different people.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Simbol agama, Konten moderat dan Relasi social
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul Aziz, Aceng dkk. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam, Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019.
Aidul Fitriyana, Pipit. Dinamika Moderasi Beragama Di Indonesia, Jakarta: Litbangdiklat Press, 2020.
Akhmadi, Agus. Moderasi Agama dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia’s Diversity, Jurnal Diklat Keagamaan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Vol. 13, No. 2, 2019.
Badan Pusat Statistik Kotamobagu https://kotamobagukota.bps.go.id
Dian Indraswari, Yosephine. Jalan Tengah Jalan Damai Sembilan Kisah Inspiratif Praktik Moderasi Beragama, Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah
Fahri, Mohamad dan Ahmad Zainuri. Moderasi Beragama di Indonesia, Jurnal Intizar Universitas Raden Fatah Palembang, Vol. 25, No. 2, 2019.
Hardani dkk.. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Idris, Muh, et.all, The Implementation Of Religious Moderation Values In Islamic Education And Character Subject At State Senior High School 9 Manado, Academy of Strategic Management Journal, Volume 20, Special Issue 6, 2021
Kamali, Mohammad Hashim. 2015. The Middle Path of Moderation in Islam, Oxford University Press, 2020
Kementerian Agama RI. Moderatisme Islam Kumpulan Tulisan Para Penggerak Moderasi Beragama, Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, 2019
-------, Moderasi Beragama, Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019
-------. Tanya Jawab Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI, 2019
Prasetyo. Jurnal Of Proceedings Series: SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0,No 5, 2018.
Saud, Lily E.N dkk. Budaya Masyarakat Suku Bolaang Mongondow di Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Kebudayaan Dan Pariwisata Deputi Bl Dan Pelestarian Dan Pengembangan Budaya Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Manado Proyek Pemanfaatan Kebudayaan Daerah Sulawesi Utara, 2004.
Subhi, Muhammad. Promosi Toleransi Dan Moderasi Beragama, Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara, 2019.
Widhi Kurniawan, Agung. Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016
Widodo, Priyanto. Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia, PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Baptis Indonesia Semarang Vol. 15, No. 2, 2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.