Analisis Outcome Pendidikan: Kontribusi Lulusan Program Studi PAI Pada Madrasah dan Sekolah Menengah di Kota Manado

Kusnan Kusnan

Abstract


Dalam konteks pendidikan tinggi tujuan pendidikan diarahkan untuk menghasilkan lulusan pendidikan yang mempunyai kemampuan akademik dan/atau professional untuk pengembangan ilmu pengetahuan serta peningkatan taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu analisis tentang hasil atau outcome pendidikan merupakan suatu kajian yang cukup kompleks karena berhubungan dengan banyak faktor yang saling terkait. Penelitian ini fokus membahas tentang Analisis Outcome Pendidikan, dalam hal ini kontribusi lulusan program studi PAI pada madrasah dan sekolah menengah di kota Manado. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana persepsi lulusan terhadap program pendidikan pada Prodi PAI, lalu kemudian tingkat kontribusi lulusan prodi PAI, serta faktor-faktor yang menentukan kontribusi lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian bersifat deskriptif-eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. salah satu temuan dalam penelitian adalah tingkat efektifitas program pendidikan pada program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Manado menurut persepsi para guru mencapai nilai 16.83 atau sekitar 84.15 % dari nilai ideal yang telah ditetapkan atau dapat dikatakan sangat tinggi. Aspek penentuan tingkat efektifitas program ini dilihat dari aspek layanan administrasi dan akademik, kebijakan dan kepemimpinan kampus, kurikulum pendidikan, kecakapan dosen dalam pembelajaran, dan fasilitas pendidikan.

Kata Kunci: Analisis Outcome Pendidikan, PAI, dan Manado

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v9i1.600

Article Metrics

Abstract view : 1881 times
PDF - 4701 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)